Punya kesempatan berlibur lalu bisa jalan-jalan ke luar negeri memang menyenangkan. Lebih menghibur lagi jika negara yang kita tuju tidak memerlukan visa. Nah, jika sudah berkeliling di Asia Tenggara, saatnya kamu pergi lebih jauh lagi. Hongkong bisa menjadi langkah selanjutnya.

Hongkong itu ibarat Hollywood-nya Asia. Selain kotanya yang amat modern, Hongkong telah menghasilan sinema-sinema kelas dunia. Mau bukti? Kamu bisa meluncur ke Avenue of the Stars dan selfie di sebelah patung legenda kungfu Bruce Lee. Di Hongkong, kamu bisa berwisata selama 30 hari tanpa visa.

Lalu, apa lagi yang oke untuk dikunjungi selama di sana? Berikut spot yang direkomendasikan menurut pengalaman Travel Kompas.

Foto-foto: Iklan Kompas/ Tyas Ing Kalbu

1. Ngong Ping 360

Pengalaman yang harus didapatkan saat mengunjungi Ngong Ping adalah naik kereta gantung (cable car) yang menghubungkan Desa Ngong Ping di puncak bukit dengan area Tung Chung. Kereta gantung ini memiliki lantai transparan yang akan membuat kamu merasakan sensasi terbang. Apalagi saat kereta gantung ini diayun-ayun angina saat berada di ketinggian. Wow sekali rasanya.

Dari puncak bukitnya, kamu bisa menikmati pemandangan Hongkong dan Pulau Lantau selama 25 menit. Di Ngong Ping, kamu juga bisa melihat atraksi seni bela diri wushu yang dipadukan dengan cerita drama. Terdapat juga Tian Tian Budha, Po Lin Monastery, atau Ngong Ping fun walk.

Baca juga: Cara Asyik Meneropong Keindahan Panorama Alam di Hongkong

2. Tsim Sha Tsui

Tsim Sha Tsui (TST) adalah lokasi yang pas untuk menyesap modernitas Hongkong. Ini adalah area yang sangat luas dan terhampar gerai dari merek-merek fashion ternama, restoran, dan kafe. Bila kamu juga berusaha menghemat pengeluaran, TST juga menjadi tujuan yang tepat sebab kamu bisa duduk-duduk santai di beberapa selasar.

Ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di TST. Misalnya, mengunjungi Museum Art Hong Kong. Untuk masuk ke museum ini, kamu hanya perlu membayar sekitar 10 dollar Hongkong. Atau, bisa juga menatap clock tower juga menjadi ikon TST. Clock Tower ini dulunya merupakan bagian dari terminus Kowloon-Canton Railway yang dibuka pada 1910. Namun, bangunan terminus kini telah tiada dan hanya menyisakan clock tower.

3. Victoria Peak

Di sini, kamu akan mengunjungi Peak Tower yang tingginya mencapai 396 meter di atas permukaan laut (mdpl). Di Victoria Peak, kamu juga bisa menatap Hongkong dari ketinggian dengan naik ke The Sky Terrace yang tingginya 428 mdpl. Untuk mencapai Victoria Peak, kamu bisa naik MTR ke Stasiun Garden Road lalu sambung Peak Tram.

Baca juga: Mencicipi Keunikan Kuliner Hongkong

4. Sky100

Masih tentang tempat yang tinggi, ada satu lagi spot di Hongkong yang bisa dipakai untuk menyaksikan keindahan kota itu, namaya Sky100. Letaknya di lantai 100 gedung pencakar langit International Commerce Centre (ICC), Kowloon barat. Di sini, kamu bisa memandang Peninsula Kowloon secara 360 derajat dengan latar Tai Mo Shan.

5. Madame Tussaud

Museum ini masih berada di Victoria Peak. Di Madame Tussaud, kamu bisa berjumpa tokoh-tokoh idolamu dalam rupa patung yang amat detail. Contohnya, Lady Gaga, Freddie Mercury, Albert Einstein, dan David Beckham.

Tyas Ing Kalbu
penulis yang disayang Tuhan