Salah satu hal yang membuat Eropa bagian barat memikat adalah arsitektur dan kekayaan peradabannya. Eksplorasilah kota-kotanya, telusuri histori yang menarik, dan nikmati lanskap yang elok.

Sebagai turis atau pengunjung, jika waktu atau anggaran terbatas dan ingin mendapat gambaran umum soal wajah kota dan sejarah Eropa Barat, mungkin kita bisa memilah negara tujuan. Perancis, Spanyol, dan Italia adalah pilihan bagus.

Spanyol

Kayanya peradaban Spanyol bisa dilihat salah satunya di Girona, kota terbesar di bagian utara Catalonia. Girona penuh dengan museum, galeri, dan gereja-gereja bergaya gotik yang berdiri di atas jalan-jalan berbatu. Katedral Girona layak Anda kunjungi. Bangunan ini berumur lebih panjang ketimbang apa yang barangkali tertebak dari fasad bergaya Barok-nya. Gereja ini dibangun Romawi kuno sejak abad ke-5. Salah satu yang menarik dari arsitekturnya adalah adanya pahatan kejadian-kejadian dalam kitab suci di galeri selatannya.

Bergeser ke Andorra di bagian tenggara perbatasan Spanyol, terdapat Casa de la Vall. Dibangun pada 1580 sebagai rumah untuk keluarga kaya, bangunan mewah dari batu ini dijadikan gedung parlemen Andorra sejak 1702.

Perancis

Perancis adalah tentang arsitektur dan seni kelas dunia, dengan museum, galeri, dan atelier atau tempat lokakarya senimannya. Perancis juga menjadi destinasi teratas dunia dengan 89 juta pengunjung setiap tahunnya.

Dengan kecantikan negara ini yang ada di setiap sudutnya, mari sejenak melangkah keluar dari Paris. Pijakkan kaki di Carcassonne, kota pucuk bukit di bagian selatan Perancis, yang terkenal akan jejak abad pertengahannya. Di sini Anda akan menemukan benteng yang membuat Anda teringat dongeng kanak-kanak.

Jumpai pula bangunan Chateau de Chenonceau yang memikat di Loire Valley. Berdiri di atas Sungai Cher dengan alas jembatan melengkung yang cantik, Chenonceau adalah salah satu chateaux paling elegan di Perancis. Di dalamnya juga terdapat koleksi seni rupa dari seniman-seniman tersohor. Lengkapi pengalaman dengan menyambangi Clermont Ferrand. Di sini, Anda akan menikmati City Hall, Cathedral Notre Dame de Assumption yang dibangun dari batu vulkanik, dan alun-alun Place de Jaude.

Italia

Foto-foto: Shutterstock.com

Jika Anda kurang yakin Italia adalah salah satu negara tercantik di dunia, datanglah ke Cinque Terre. Desa berumur ratusan tahun ini tersusun cantik di atas karang-karang garis pantai Riviera. Rumah berwarna-warni dan kebun anggur saling bersisian. Sangat dramatis. Beberapa pencinta fanatiknya bahkan menyebut Cinque Terre sebagai Eden yang ditemukan kembali.

Salah satu pemandangan yang sulit ditemukan di tempat lain, Cascate del Mulino Saturnia yang terletak di kota Tuscany. Ini adalah salah satu pemandian air panas yang paling terkenal di Italia.

Mata air bersulfurnya memanjakan pengunjung dengan temperatur 37,5 derajat celsius, menawarkan terapi yang sangat memanjakan. Sambil berendam, mungkin Anda bisa menghayati bel far niente, the art of doing nothing.

Tidak ada yang lebih layak ditabung ketimbang pengalaman dan kenangan. Sempatkanlah diri untuk merasakan perjalanan yang mengesankan ke negara-negara tersebut. ATS Vacations bisa menjadi partner perjalanan Anda. Dengan kepiawaian agen travel ini memilih tempat dan mengorganisasikan waktu, Anda akan merayakan setiap momen. [NOV]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 10 Oktober 2019.