Menyebut nama Eropa, yang segera terbayang adalah sejumlah negara Eropa Barat antara lain Italia, Perancis, dan Belanda. Tidak salah memang karena negara-negara tersebut merupakan destinasi wisata populer di Eropa. Berikut ini sejumlah tempat yang patut Anda kunjungi.

Roma adalah pintu masuk yang tepat untuk memulai petualangan di Eropa. Inilah kerajaan terbesar dan pusat peradaban dunia masa lampau. Kali ini, cobalah menuju kawasan Tuscany di utara Roma, lalu terus menuju Portofino. Ini adalah kota nelayan yang terkenal akan keindahannya. Simak antara lain Castello Brown yang terletak di atas Pelabuhan Portofino.

Menyusuri pantai Laut Liguria, melewati Genoa, teruskan perjalanan menuju Monaco. Kunjungi ibu kota negara mungil ini, yaitu Monte Carlo. Sejumlah atraksi menarik di antaranya Monte Carlo Casino, Circuit Formula 1, serta Kompleks Istana Grimaldi dengan gereja katedral tempat makam Putri Grace Kelly.

Memasuki wilayah Perancis, lanjutkan perjalanan menuju Cassis, kota indah di pesisir laut Mediterania. Kunjungi Old Town, Cassis Port dan Les Calanques de Cassis yang merupakan tebing batu kapur yang menjorok ke laut membentuk sebuah lembah dengan pemandangan yang sangat indah. Anda juga dapat mampir di Cannes, tempat penyelenggaraan festival film kenamaan.

Destinasi menarik berikutnya adalah Les Baux, kota tua di Pegunungan Alpilles yang disebut-sebut sebagai salah satu desa terindah di Perancis. Kunjungi pula Lyon, kota metropolitan kedua di Perancis yang juga kota warisan budaya UNESCO. Anda dapat mengagumi keindahan bangunan-bangunan berarsitektur Romawi seperti dapat dilihat di Old Town Lyon, City Hall, Fine Arts Museum, dan Lyon Cathedral.

Lanjutkan kemudian perjalanan menuju Avignon, kota tempat tinggal paus pada abad ke-17. Anda dapat melewati The Saint Benezet’s Bridge, Pope’s palace, Place de l’Horloge, dan Avignon Cathedral. Kunjungi berikutnya Beaunne, kota seni dan sejarah, untuk menyimak Cathedral Notre Dame. Berikutnya lagi, kunjungi kawasan Burgundy yang terkenal dengan anggurnya. Anda dapat mencicipi wine Burgundy yang merupakan salah satu yang terbaik di Perancis serta menjajal hidangan khas escargot.

Destinasi berikut yang tak kalah menarik adalah Strasbourg, kota kecil seluas 72 kilometer persegi yang merupakan situs warisan dunia UNESCO. Kunjungi Old Town, Strasbourg Cathedral Notre Dame dan Petite France. Silakan mampir pula di Bruges, pusat kota bersejarah yang terdaftar sebagai “World Heritage Site” oleh UNESCO sejak tahun 2000 karena banyaknya arsitektur peninggalan dari abad pertengahan.

Tertarik? Jangan sampai Anda sulit pulang karena hati tertambat oleh berbagai keindahan Eropa Barat. Segera rencanakan perjalanan Anda bersama ATS Vacations. [*]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 14 November 2019.