Promo

Menggapai Atap Hokkaido

Hokkaido Shrine, salah satu kuil tertua di Sapporo yang menjadi destinasi menarik ketika berlibur ke Jepang.(Foto-foto: Shutterstock.com)

Ingin ke Jepang, tetapi bosan ke Tokyo atau Gunung Fuji? Mengapa tidak ke Hokkaido. Pulau utama di utara Hokkaido ini terkenal dengan gunung berapi, sumber air panas (onsen), dan resor ski. Jangan lewatkan kesempatan bertandang ke “atap” Hokkaido.

Sounkyo, kawasan ngarai dan pegunungan di Kamikawa memang mendapat julukan sebagai “atap” Hokkaido. Di kawasan ini, Anda dapat menyimak Air Terjun Ginga dan Ryusei. Jangan lewatkan kesempatan mandi air panas ala Jepang atau onsen. Kunjungi pula Taman Nasional Daisetsuzan untuk melihat pemandangan awal musim dingin yang sangat indah. Menariknya, perjalanan menuju puncak gunung dilakukan menggunakan kereta gantung (ropeway).

Destinasi menarik lain adalah Asahikawa, kota terbesar kedua di Hokkaido. Kunjungi Asahiyama Zoo untuk melihat satwa asli Hokkaido, di antaranya penguin yang hanya bisa hidup pada musim dingin, singa laut, dan beruang kutub. Jangan lupa mencoba makanan khas Jepang, ramen, di Asahikawa Ramen Village. Anda juga dapat mampir di Museum Sake Otokoyama untuk melihat proses pembuatan sake serta mencicipinya.

Destinasi berikutnya adalah Biei. Di kota ini Anda dapat berkunjung ke kebun bunga Shikisai No Oka Hill. Lampiaskan pula hasrat berbelanja di Ningle Terrace. Kawasan perbelanjaan ini sangat unik karena terletak di hutan hijau Furano. Tempat ini dibuat menggunakan bahan-bahan alami yang berbentuk rumah kayu disertai jalan setapak yang indah dikelilingi dengan pohon pinus menciptakan pemandangan yang sangat romantis terutama setelah matahari terbenam disertai dengan permainan cahaya dalam menjelang musim dingin. Anda juga dapat bermain ski di Furano Ski Area, tak jauh dari Shikisai No Oka Hill.

Beralih ke Sapporo, ibu kota Hokkaido. Sejumlah atraksi menarik di antaranya Hokkaido Shrine, salah satu shrine tertua di Hokkaido. Kunjungi pula Taman Odori di pusat kota Sapporo dan Munich Christmas Market, pasar malam khas Jerman yang menjual pernak-pernik Natal dan jajanan lokal. Jangan lupa mengabadikan diri dengan latar belakang Sapporo TV Tower dan Tokeidai Clock Tower, sebuah bangunan peninggalan bersejarah yang merupakan lambang kota Sapporo.

Masih belum puas berbelanja? Berarti Anda harus berkunjung ke Tanukikoji dan Mitsut Outlet Kitahiroshima. Sempatkan pula untuk mampir ke Shiroi Koibito untuk menikmati cokelat dan cookies dari Ishiya Factory sambil melihat proses pembuatan dari cokelat tersebut.

Tak sampai satu jam perjalanan dari Sapporo, Anda dapat mencapai Otaru, kota pelabuhan kecil yang terkenal dengan kanal-kanalnya yang indah. Anda harus menyimak kanal-kanal Otaru, yang merupakan jalur transportasi utama pengangkutan barang dari pelabuhan pada abad ke-20. Simak pula pabrik pembuatan gelas Kitaichi Glass dan Music Box Museum. Di tempat terakhir, Anda dapat melihat berbagai jenis dan ukuran dari kotak musik yang merupakan hasil kerajinan utama masyarakat lokal Otaru.

Tertarik? Anda dapat merancang perjalanan liburan akhir tahun ke Hokkaido bersama ATS Vacations. [*]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 7 November 2019.