Timur tengah menjadi tempat kelahiran agama-agama besar sehingga perjalanan menyusuri tempat-tempat bersejarah sekaligus merupakan ziarah spiritual.

Kunjungan ke Timur Tengah dapat dimulai antara lain dari Amman, ibu kota Jordania. Tak jauh dari Amman, di sebelah utara terletak Jerash. Di kota ini, Anda dapat melihat bangunan-bangunan yang sudah berusia ribuan tahun dari bangsa Yunani dan Roma. Simak pula Benteng Ajloun yang dibangun oleh Sultan Saladin sejak abad ke-12.

Beralih ke selatan Amman, kunjungi Madaba dan Gunung Nebo. Kunjungi pula Kastel Kerak yang sudah dibangun sejak 1142. Bangunan ini merupakan peninggalan pasukan Crusader dan menjadi saksi bisu Perang Salib. Ada juga Wadi Rum, lembah dengan pemandangan pasir dan batu granit yang memesona. Jika memungkinkan, Anda dapat menjajal mengendarai unta.

Tempat menarik berikutnya adalah Petra. Berjalan kaki melalui lorong sempit di Siq Valley di antara dinding batu masif dan melihat kemegahan Al Khazneh yang merupakan kuil termegah dibangun oleh Kerajaan Nabatea, dijamin akan menjadi salah satu petualangan yang tak terlupakan.

Kota kuno Petra merupakan salah satu warisan sejarah paling penting dan berharga di Jordania. Situs ini termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO yang menunjukkan keunggulan peradaban masa lalu, baik dari sisi pengetahuan maupun keterampilan. Pada masanya, kota ini merupakan persinggahan karavan-karavan dari para pedagang sutra, rempah-rempah, dan berbagai komoditas eksotis lain.

Jika sudah terpesona dengan Petra, tunggu sampai Anda menyaksikan atraksi berikutnya yang tak kalah monumental. Melalui Aqaba, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Laut Mati yang merupakan titik terendah dari muka bumi. Dari sisi Jordania, Anda dapat melihat keindahan laut yang dihiasi bongkahan-bongkahan garam yang terbentuk secara alami. Pastikan Anda tidak melewatkan kesempatan untuk berendam dan mengapung di atas Laut Mati.

Tempat lain yang menarik untuk disimak adalah Desert Castle Qasr al-Kharaneh dan Quseir Amra. Berasal dari abad ke-8, pada zaman dahulu tempat ini digunakan sebagai karavanserai atau tempat beristirahat oleh para pedagang setelah melintasi gurun pasir.

Tertarik menyusuri kemegahan masa lalu di Timur Tengah ini? Segera rencanakan perjalanan Anda bersama ATS Vacations. [*]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 28 November 2019.