Tempat apa yang paling mengesankan untuk liburan musim dingin? Jika Anda penyuka lanskap alam, Siberia bisa menjadi destinasi pilihan. Musim dingin akan mengubah Siberia secara dramatis, ketika semua berubah menjadi putih. Persis seperti yang terbayang ketika mendengar kata winter wonderland.

Musim dingin di provinsi yang sangat luas di Rusia ini dimulai pada akhir Oktober dan terus berlangsung sampai April. Alamnya yang berupa hamparan tundra, hutan-hutan pinus, dan pegunungan akan memutih. Permukaan danau-danaunya mengeras menjadi es. Kita juga melihat sisi menarik dari cara warga lokal beradaptasi dengan musim dingin yang pada titik ekstremnya bisa mencapai suhu minus 50 derajat ini, misalnya kendaraan yang dimodifikasi untuk musim dingin.

Memutuskan menghabiskan musim dingin di Siberia yang menakjubkan akan mengisi memori Anda dengan pengalaman-pengalaman tak terlupakan. Berikut ini tempat-tempat yang wajib Anda sambangi di negeri beku itu.

Irkutskt

Kota ini dapat menjadi pintu masuk untuk petualangan yang lebih seru hari-hari ke depan. Kunjungilah Gereja Ortodoks yang selesai dibangun pada 1894 dalam gaya arsitektur Bizantium Rusia. Interiornya indah, dengan larik-larik sinar matahari yang kadang menerobos kaca jendelanya. Datangi juga Kirov Square yang menjadi pasar serta ruang publik favorit untuk warga Irkutskt. Atraksi wisata lain yang bisa dikunjungi di kota ini adalah Alexander III Monument, Moscow Gate, dan The Irkutsk Regional Museum of Local Lore.

Pulau Olkhon

Danau Baikal tak mungkin terlewatkan dalam kunjungan ke Siberia. Danau terdalam, tertua, dan yang memiliki air tawar terbanyak di dunia ini bisa dinikmati dari Pulau Olkhon. Letaknya di tengah-tengah Danau Baikal. Anda bisa berkendara dengan mobil UAZ di atas permukaan es yang membeku. Lantas datangi bagian paling utaranya, Khoboy Cape yang merupakan pertemuan antara bagian danau besar dan danau kecil. Lalu kunjungi juga gua es yang cantik (ice grotto) dan Shamanka Rock, salah satu tempat suci di Rusia.

Pulau Ogoy

Di dekat Olkhon, ada Pulau Ogoy yang cukup misterius. Bentuknya yang meruncing dibentuk oleh arus Danau Baikal. Pada 2005, di titik tertingginya didirikan Buddhist Stupa of Enlightment. Warnanya yang putih begitu kontras dengan sekitarnya.

Listvyanka

Kota kecil ini cocok untuk bersantai dan menikmati suasana. Anda dapat mengunjungi St Nicholas Church di Lembah Krestovaya atau mencicipi ikan omul asap yang legendaris di pasar ikannya. Dengan cable car, mampirlah juga ke Baikal Museum atau titik observasi, tempat Anda bisa mengamati keindahan Danau Baikal dari ketinggian. Anda juga dapat mencuci mata di Taltsi Museum yang bangunannya terbuat dari kayu dan tampak sangat klasik.

Siberia menawarkan begitu banyak hal untuk dieksplorasi. Salah satu kunci kenyamanan untuk berlibur di tempat yang “tidak biasa” seperti Siberia adalah dengan memastikan perencanaan perjalanan yang baik dan tertata. Anda bisa mempercayakan hal ini kepada agen perjalanan ATS Vacations. Berpengalaman dalam perjalanan wisata, ATS Vacations akan membuat vakansi Anda nyaman dan berkesan. [NOV]