Mencari tempat liburan musim dingin pada akhir tahun? Mungkin Anda bisa mempertimbangkan mengunjungi China. Negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia ini bisa membuat liburan Anda berkesan.

Setiap daerah di sana menyuguhkan pengalaman berbeda. Mulai dari obyek wisata, perjalanan, suasana, hingga masyarakatnya punya perbedaan. Berikut ini beberapa daerah yang bisa dijadikan rujukan saat Anda memutuskan pergi ke China untuk berlibur pada akhir tahun nanti.

Changcun

Kota yang terletak di timur laut China ini menawarkan obyek wisata yang erat kaitannya dengan musim dingin. Untuk mencapai Changcun, Anda bisa menggunakan kereta cepat dari Dalian, tetapi sebelumnya perlu menumpang maskapai penerbangan yang mendarat di kota tersebut.

Di Changcun, Anda bisa mengunjungi Jinyue Forest Park & Ski Resort untuk bermain ski. Tempat ini juga terkenal dengan sebutan Sister Lake of Sun Moon Lake. Di sini, Anda bisa bermain ski selama dua jam dan sudah termasuk peralatannya.

Mudanjiang

Foto-foto: Shutterstock.com

Pengalaman menarik lainnya bisa Anda temui di Mudanjiang. Di daerah ini, Anda bisa melihat indahnya air terjun Diaoshuilou yang berada di Jinpo Lake Scenic Area. Tidak hanya itu, Anda juga bisa merasakan wisata alam yang menyenangkan di Shuanfeng Forest Arm atau dikenal juga dengan sebutan Snow Town.

Di Snow Town, Anda bisa menikmati pemandangan desa yang berselimut salju. Di sini, Anda juga bisa memilih wisata tambahan, seperti horse sledding safari, bermain ski motor, atau bermain di snow gallery park.

Harbin

China juga menyimpan obyek wisata yang tak kalah menarik di Harbin. Saat di sini, Anda harus berkunjung ke Volga Manor, taman berpemandangan indah dengan bangunan bergaya Rusia yang unik. Tidak hanya itu, Anda juga bisa melihat dan mengabadikan kunjungan dengan berfoto di depan Gereja St Nicholas atau melihat pertunjukan Russian Dancing Show.

Photo stop juga bisa dilakukan di depan Grand Theater, Center Street, atau Gereja Sofia. Semua ini terdapat dalam satu wilayah bernama Guangdong Ancient Alley. Khusus Center Street, saat berkunjung ke sana, Anda bisa serasa sedang berada di Rusia karena tempat ini dijuluki “Eastern Moscow”.

Harbin juga punya destinasi wisata bernama Sun Island Park, taman yang berisikan pahatan salju dalam ukuran besar. Sun Island Park disebut juga sebagai taman salju terbesar di dunia. Di sini, Anda bisa menyaksikan pertunjukan Snow Ice World atau Winter Swimming Show, sebuah atraksi musim dingin dari warga setempat.

Tertarik berkunjung ke China dan mengun­jungi seluruh obyek wisata itu? Anda bisa memilih paket perjalanan yang disediakan oleh Bayu Buana Travel Services. Nikmati perjalanan wisata musim dingin pada akhir tahun yang mengesankan bersama Bayu Buana Travel Services.

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 14 November 2019.