Gelombang Korea masih melanda dunia, tak terkecuali Indonesia. Pesona Negeri Ginseng ini tak hanya karena drama dan kelompok musik popnya. Menikmati Korea akan lebih nyata dengan berkunjung langsung.

Musim dingin menjadi periode unik untuk menikmati Korea karena Anda dapat menyimak sejumlah atraksi dan destinasi berikut. Selepas menjejakkan kaki di Incheon, kunjungi Songwol Fairy Tale Village. Ini adalah kawasan perumahan yang dihias seolah-olah berada di dunia dongeng.

Korea memang punya sejumlah destinasi yang unik. Simak juga, misalnya, Gwangmyeong Cave, gua yang menyajikan keindahan di Kota Gwangmyeong. Simak pula tempat wisata yang sedang hits Ooozooo Light Village, yang berhiaskan lampu warna-warni selama musim dingin.

Kimchi adalah hidangan khas Korea yang disebut-sebut sebagai salah satu makanan paling menyehatkan. Bersantap di Korea belum lengkap jika tidak menyertakan kimchi. Anda dapat belajar untuk membuat kimchi. Lengkapi pengalaman Anda dengan mengabadikan diri mengenakan pakaian tradisional hanbok.

Korea juga memiliki Everland Theme Park. Ini adalah taman bermain terbesar di Korea Selatan, di mana Anda dapat merasakan keseruan bermain menaiki berbagai wahana. Sementara itu, aktivitas yang tak boleh dilewatkan pada musim dingin adalah bermain ski. Ini dapat Anda lakukan di Ski Resort, tak jauh dari Everland.

Destinasi menarik berikutnya adalah Pyeongchang, tempat Anda dapat mengunjungi Kuil Woljengsa yang sudah berusia ribuan tahun. Kunjungi pula, Gangneung, salah satu lokasi syuting drama terkenal Korea Goblin, yaitu Jumunjin Beach Breakwater. Penggemar drama ini mungkin masih ingat adegan ketika Ji Eun Tak tidak sengaja memanggil Dokkaebi.

Lokasi menarik lain yang terkait drama Korea adalah Pulau Nami. Ini adalah tempat syuting drama seri romantis Winter Sonata. Tak ada waktu yang lebih tepat untuk mengunjunginya kecuali pada musim dingin.

Destinasi lain yang wajib dikunjungi adalah Gunung Sorak. Tamasya pegunungan menggunakan cable car ini menyajikan pemandangan alam yang memesona dan Gwonggumsung Fortress. Simak pula Kuil Shinhungsa dan patung perunggu The Great Bronze Statue yang spektakuler. Tak jauh dari Gunung Sorak, mampirlah ke kebun buah stroberi untuk memetik buahnya langsung dari pohon.

Belum lengkap liburan ke Korea jika belum berkunjung ke Seoul. Di ibu kota Korea ini, sempatkan berbelanja ke pasar Dongdaemun dan Myeongdong yang menjual aneka fashion, sepatu, tas, suvenir, dan banyak lagi. Kunjungi pula istana peninggalan dinasti Joseon Gyeongbok Palace, National Folklore Museum, dan tempat kediaman Presiden Korea yang dikenal sebagai The Blue House. Jangan lupa juga belanja ginseng dan kosmetik Korea yang tersohor.

Anda dapat merencanakan liburan ke Korea bersama Bayu Buana Travel Services. Segera susun rencana perjalanan Anda untuk akhir tahun ini. [*]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 17 Oktober 2019.