Promo

Mengunjungi Thailand dan Vietnam yang Eksotis

Terletak di Teluk Tonkin yang berbatasan dengan China, Halong Bay menyuguhkan panorama indah batuan kapur tulis.(Foto-foto: Shutterstock.com)

Ada begitu banyak destinasi wisata eksotis di setiap negara Asia Tenggara. Mengunjungi Thailand dan Vietnam contohnya, selain disuguhi beragam kuliner unik dan menarik, wisatawan bisa menikmati sajian wisata alam hingga sejarah.

Khao Yai di Thailand dapat menjadi titik pertama memulai perjalanan. Kota ini bisa dicapai dari Bangkok sekitar 3 jam perjalanan darat. Tempat ini dikenal sebagai Eropa kecil-nya Thailand. Apa saja yang bisa dinikmati di sini?

Primo Piazza

Dari namanya, kita sudah bisa menebak bahwa jujugan wisata ini beratmosfer Italia. Benar, ini adalah “Negeri Piza” yang sengaja dibangun di Khao Yai. Wisatawan akan menemukan beragam bangunan, dari restoran hingga kafe yang berlanggam Italia.

Masih di Khai Yai, kita juga bisa merasakan suasana negeri Belanda. Di sini terdapat kincir angin yang besar ditingkahi taman hijau. Tempat ini dikenal sebagai A Cup of Love. Anak-anak juga bisa bermain dengan beberapa ekor domba di sini.

White Temple

Chiang Rai bisa menjadi tujuan berikutnya selama berkunjung di Thailand. Sejauh 783 kilometer dari Bangkok, Chiang Rai menawarkan keunikan tersendiri karena lokasinya menjadi pintu gerbang bagi para wisatawan yang hendak mengunjungi Myanmar dan Laos.

Di kota ini, wisatawan dapat mengunjungi Desa Adat Karen Long Neck Hill Tribe untuk melihat salah satu suku tertua di Thailand.

Chiang Rai juga terkenal dengan Wat Rong Khun atau White Temple. Nuansa putih pada kuil ini melambangkan kemurnian Sang Buddha. Dekorasi kuil ini juga dilengkapi dengan kepingan-kepingan kaca yang melambangkan kebijaksanaan Sang Buddha; dan Dharma, ajaran Buddha.

Halong Bay

Dari Thailand, kita bisa bergeser ke Vietnam. Di negara yang kaya sejarah ini, kita bisa melihat keindahan Halong Bay di Teluk Tonkin. Halong Bay disebut memiliki lebih dari 1.600 pulau besar dan beberapa pulau kecil yang membentuk “bangunan” batuan kapur putih yang mengagumkan.

Luas kawasan Halong Bay mencapai 43 ribu hektar. Meski eksotis, gugusan pulau ini tak dihuni manusia karena tandus. Untuk sampai di Halong Bay, kita memerlukan waktu sekitar 3 jam dari Kota Hanoi.

Terowongan Cu Chi

Kalau kita menggemari film-film tentang Perang Vietnam, destinasi yang satu ini wajib dikunjungi. Inilah terowongan Cu Chi yang menjadi saksi bisu dahsyatnya Perang Vietnam.

Terowongan yang panjangnya mencapai 120 kilometer ini pernah menjadi tempat persembunyian tentara Viet Cong sekitar tahun 1955–1975. Terowongan panjang ini berlokasi di Kota Ho Chi Minh.

Terowongan Cu Chi pada masanya difungsikan sebagai jalur transportasi rahasia untuk membawa persediaan logistik, obat-obatan, dan amunisi perang bagi tentara Viet Cong.

Jalan-jalan di terowongan ini, kita memerlukan waktu sedikitnya 2 jam. Sekarang oleh Pemerintah Vietnam, Terowongan Cu Chi ditetapkan sebagai war memorial park dan menjadi salah satu tempat wisata populer.

Seluruh paket liburan berkesan di Thailand dan Vietnam ini disediakan oleh Golden Rama Tours & Travel. Rasakan pengalaman berharga bersama keluarga kita. [*]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 7 November 2019.