Musim semi merupakan waktu terbaik untuk bervakansi. Jika berkunjung ke China, tak hanya menikmati cuaca yang sejuk bersahabat, Anda juga dapat menelisik sejarah peradaban yang amat kaya.

Tengok saja, misalnya Yuantong Temple yang berusia 1.200 tahun. Kuil ini merupakan warisan sejarah Kunming, kota yang dipenuhi bunga pada musim semi. Bangunan ini merupakan bangunan yang dilindungi pemerintah yang dibangun pada akhir abad ke-8 pada masa Kerajaan Nanzhao pada Dinasti Tang.

Anda juga dapat menikmati wisata sejarah di kota tua Dali. Bangunannya terbuat dari batu granit, sedangkan jalanannya terbuat dari batu tulis sepanjang 2.100 meter. Kota ini berada di antara Gunung Changsan dan Danau Erhai yang menghadirkan suasana damai berkat keindahan alam dan pemandangan kotanya. Di Dali, Anda juga dapat melewati Three Pagodas dan berkunjung ke Dali Flower Filed seluas 326 hektar dan mempunyai 60 jenis bunga.

Beranjak ke utara, kunjungi Lijiang dan simak Black Dragon Pool Park. Nama danau ini berasal dari legenda zaman dahulu tentang 10 naga yang jahat dan pahlawan bernama Lu Dongbin yang mengalahkan 9 di antaranya. Naga kecil yang hitam dibiarkan tetap hidup dan menjadi keuntungan bagi masyarakat sekitar.

Kunjungi pula Red Sun Plaza, tempat berdirinya patung Mao Zedong. Simak pula Lijiang Ancient Town, Lijiang Water Truck, Square Street, Bar Street atau dikenal sebagai Dayangu Town, Dongba Valley Lijiang, The Road to Heaven, Road and Path, dan Glass Skywalk Dongba.

Foto-foto: Shutterstock.

Glass Skywalk Dongba merupakan jembatan kaca yang menggantung di antara tebing dan berwarna merah seperti neon. Jembatan ini memiliki panjang 137 meter dan lebar 4 meter.

Beralih ke Jianchuan, di tempat ini Anda dapat mengikuti Bonfire Party ala Suku Bai. Tempat menarik untuk dikunjungi termasuk Jianchuan Ancient Town, Jianchuan Tower dan Baoguo Temple yang merupakan area yang dibangun pada masa Dinasti Ming. Hampir tak ada perubahan yang dilakukan, Anda masih bisa melihat struktur bangunan dari masa awal, pertengahan sampai akhir masa Dinasti Ming, Dinasti Qing, hingga kini.

Tempat menarik lain di Kunming termasuk pasar bunga Dounan, Green Lake Park, Golden Horse dan Green Peacock Archway yang merupakan bangunan yang di bangun pada masa Dinasti Ming (1368–1644) dengan sejarah sekitar 400 tahun.

Semua wisata sejarah menarik ini dapat Anda nikmati bersama ATS Vacations. Segera rencanakan perjalanan Anda sekarang. Dapatkan penawaran khusus dari ATS Vacations promo buy 5 get 1 sampai 25 Agustus 2019. [*]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 22 Agustus 2019.