Menjelang detik-detik waktu berlibur memang terasa sangat menyenangkan. Membayangkan berjalan-jalan menikmati hal-hal unik di destinasi yang baru memang terasa begitu membebaskan diri dari rutinitas sehari-hari. Namun, sebelum itu ada hal yang harus Anda lakukan terlebih dulu sebelum bepergian, yaitu berkemas atau yang disebut packing. Banyak sekali hal yang harus Anda ingat selagi berkemas, maka dari itu jangan terlalu excited ya supaya tidak ada barang yang terlupa..

Jangan biarkan kegelisahan Anda membuat Anda menunggu hingga menit terakhir untuk berkemas, mari kita simak 5 tips packing untuk liburan tanpa repot yang telah dirangkum oleh para ahli Kompas Travel Fair 2019 untuk mempelajari cara mengemas yang lebih cepat, cerdas dan bebas repot!

 

Gulung dan kemas pakaian  

Cara terbaik untuk mencegah kusut dan memaksimalkan ruang koper Anda adalah dengan menggunakan metode menggulung baju. Untuk baju atasan, Anda bisa meletakkan baju Anda menghadap ke atas, lalu lipat lengan baju dan gulung dari bagian bawah ke arah atas. Untuk celana, satukan dua bagian kaki dan gulung dari garis pinggang ke arah bagian bawah celana. Setelah menggulung seluruh baju yang akan Anda bawa, letakkan celana dan atasan di dalam Koper Anda di depan sepatu dan aksesori; Anda bisa memasukan barang-barang kecil lainnya seperti alat rambut ke sisi-sisi samping koper Anda.

Kemas pakaian yang akan Anda gunakan pertama di bagian atas koper

Jika Anda dalam penerbangan yang berdurasi panjang atau menuju negara yang berbeda musim dari negara asal Anda, sudah sewajarnya Anda mengganti baju untuk menyesuaikan dengan keadaan setibanya di bandara negara tujuan. Dengan mengemas pakaian yang akan Anda kenakan pertama sesampainya di negara tujuan di bagian atau tumpukan paling atas, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan seluruh isi koper Anda atau segala sesuatu yang lain untuk menemukannya. Strategi ini tidak hanya memudahkan Anda tetapi juga menghindari pakaian yang akan Anda gunakan menjadi kusut dan berantakan. 

Pisahkan produk cair Anda dari barang-barang Anda yang lain 

Kumpulkan produk yang cair ke dalam satu tas perlengkapan mandi atau plastik Ziplock untuk menghindari tumpahnya produk-produk ini ke barang-barang lain Anda seperti baju, sepatu, aksesoris atau gadget Anda. Untuk semakin meminimalisir resiko tumpah, Anda juga bisa membawa produk-produk cair seperti shampo travel size dan membeli tambahannya di negara tujuan jika kehabisan.

Kategorikan barang bawaan Anda  

Kategorikan barang bawaan Anda, mulai dari pakaian, alat mandi, barang elektronika, dokumen, hingga kabel. 

Barang-barang yang terorganisir dalam kategorinya masing-masing dapat memberikan Anda kemudahan dalam melakukan pengecekan barang untuk menghindari tertinggalnya barang penting. Setelah mengkategorikan barang-barang bawaan Anda, masukkanlah barang tersebut per kategori ke dalam tas, pouch, kantong, atau tempat penyimpanan lainnya untuk memudahkan penyimpanan dan pengambilan barang berdasarkan kategori benda tersebut. 

 Kemas kantong belanja atau Tote bag  

Kemas tas atau kantong belanja besar yang terbuat dari kain kedalam koper Anda. Tas atau kantong ini bisa berfungsi untuk mengurangi beban dalam koper dan membantu Anda dalam perjalanan jika kamu belanja banyak atau membeli souvenir khas untuk oleh-oleh. Tak hanya itu, tas atau kantong ini bisa juga berguna untuk menyimpan baju kotor Anda supaya terpisah dari baju Anda yang masih bersih. 

Untuk packing tanpa repot, Anda bisa coba terapkan 5 tips diatas. Dengan mengunjungi Kompas Travel Fair 2019, Anda juga bisa traveling tanpa repot dengan beragam pilihan destinasi, travel agent dan maskapai penerbangan yang terbaik.

Kami berharap satu permasalahan dalam merencanakan liburan yaitu kerepotan dalam berkemas sudah terpecahkan dengan 5 tips diatas ini. Untuk permasalahan traveling yang lain, seperti memilih destinasi, travel agent dan maskapai penerbangan yang terbaik Anda bisa mengunjungi Kompas Travel Fair 2019.