Sebagai negara yang memiliki kekayaan alam yang beragam, membuat Indonesia menjadi incaran para traveler di seluruh penjuru dunia. Keindahan alam yang membentang memberikan destinasi tempat wisata alam yang akan memanjakan mata setiap pengunjungnya.

Hamparan keindahan alam yang terbentang dari Sabang sampai Merauke tidak hanya memberikan wisata alam tetapi jenis wisata lainnya, seperti wisata kuliner, wisata budaya, dan wisata halal. Bahkan, tahun ini Indonesia berhasil ditetapkan sebagai negara dengan destinasi wisata halal terbaik yang ada di dunia.

Terekam dalam siaran pers Kementerian Pariwisata, Indonesia yang mengacu pada standar Global Muslim Travel Index (GMTI) 2019 berhasil mengalahkan 130 destinasi dari negara-negara lainnya. Wisata halal ini mengusung beberapa pelayanan wisata yang halal.

Sampai saat ini pemerintah semakin gencar dalam meningkatkan perkembangan wisata halal untuk mendorong minat wisatawan dari dalam maupun luar negeri untuk datang dan berlibur ke beberapa kota di Indonesia. Baik dalam bidang kuliner, tempat, dan lingkungan yang mengusung wisata halal didalamnya.

Lombok

Kota yang satu ini menjadi salah satu destinasi wisata yang paling sering dikunjungi para traveler. Dikenal sebagai Kota Seribu Masjid menjadikan Lombok kota wisata halal yang akan memanjakan pengunjung selama menghabiskan waktu di sana. 

Salah satu tempat tujuan utama para traveler saat datang ke kota Lombok adalah Gili Trawangan. Warna biru laut dan suara gemuruh ombak menenangkan pikiran pengunjung yang datang. Inilah yang membuat Gili Trawangan menjadi destinasi primadona kota Lombok.

Malang

Bagi Anda pecinta wisata gunung, kota Malang memiliki Gunung Semeru yang tak lain adalah gunung tertinggi di Pulau Jawa yang bisa Anda daki. Selagi mendaki Anda bisa melihat pemandangan alam dari dekat yang membuat rasa lelah menjadi hilang. 

Makassar

Masjid yang berdiri di atas pantai Losari menjadi salah satu ikon terkenal yang ada di kota Makassar. Membuat banyak wisatawan hadir hanya untuk sekedar berfoto dengan latar masjid yang megah ini. 

Selain itu, Anda bisa mencoba berbagai kuliner khas Makassar sembari menikmati keindahan pantai Losari. Anda juga bisa mengunjungi beberapa pulau yang menyimpan pesona pemandangan bawah laut, seperti Pulau Samalona, kodingareng Keke, hingga Lae Lae.

Banyuwangi

Pulau Santen menjadi destinasi wisata Pantai Santen dengan konsep halal yang berada di kota Banyuwangi, Jawa Timur. Apabila biasanya pengunjung wanita dan pria di sebuah pantai akan membaur pada satu lokasi, uniknya di Pantai Santen ini pengunjung wanita dan pria akan berada di lokasi yang terpisah. Keunikan inilah yang membuat Pantai Santen menjadi salah satu wisata halal di kota Banyuwangi.

Keempat kota di atas hanyalah beberapa contoh dari banyaknya kota-kota di Indonesia dengan destinasi wisata halalnya. Anda bisa mengetahui lebih banyak mengenai wisata dengan konsep halal di pameran tur Kompas Travel Fair (KTF) 2019 yang menyediakan paket wisata halal package dan dua paket wisata lainnya yakni Indonesia domestic package dan adventure package. 

Pameran tur ini akan diadakan pada tanggal 20-22 September 2019 di empat kota besar Jakarta, Medan, Makassar, dan Surabaya. Ayo, jelajahi Indonesia bersama Kompas Travel Fair 2019 #ExploreItYourWay!