Anda pasti tidak asing jika mendengar istilah ‘negeri di atas awan’. Istilah ini sering disebutkan dalam cerita dongeng atau legenda. Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya negeri di atas awan adalah hal nyata yang dapat Anda temukan di Indonesia. 

Indonesia adalah negara kepulauan dengan berbagai pesona alam seperti, pantai, gunung berapi, bukit, gunung salju, dan lainnya. Termasuk salah satunya yang terkenal dari Indonesia adalah pegunungan yang masih alami. Masih banyak penduduk lokal yang masih tinggal di desa leluhur mereka. Desa-desa tersebut terletak di atas pegunungan dengan pemandangan yang sangat indah. Bisa dikatakan, mereka lah penduduk negeri di atas awan.

  1. Kampung Lolai Tana Toraja

Tana Toraja tidak hanya sekedar memiliki kebudayaan yang kuat, namun juga memiliki keindahan alam yang tidak kalah dari daerah lain. Anda dapat mengunjungi kampung yang terletak di Toraja Utara ini untuk menyaksikan keindahan negeri di atas awan. Berbeda dari negeri lainnya, tempat yang satu ini menyatukan keindahan sunrise dan sunset.  

Jika Anda ingin merasakan dan menikmati bagaimana keindahan negeri di atas awan ini, Anda dapat bermalam dan menginap di kampung Lolai. Penduduk lokal menjadikan rumah mereka sebagai tempat penginapan.  Uniknya, rumah penduduk lokal adalah rumah tradisional yang bernama Tongkonan Lempe. Selain itu, penduduk lokal Kampung Lolai juga sangat ramah, sehingga Anda akan merasa seperti keluarga jika menginap di sana.

  1. Kawah Ijen, Banyuwangi

Negeri di atas awan satu ini sangat cocok untuk para pendaki pemula. Jika Anda mengunjungi gunung ini pada malam hari, Anda akan disambut dengan fenomena api biru. Fenomena yang sangat langka dan hanya dapat ditemukan di 2 tempat di dunia.  

Jika Anda mendaki hingga ke puncak gunungnya, akan tersuguh pemandangan negeri di atas awan yang tidak kalah indah dengan tempat lainnya. Anda dapat menyaksikan indahnya sunrise dari negeri di atas awan ini. Rasa lelah para pendaki akan terbayarkan dengan pemandangan yang memesona.

  1. Bukit Panguk, Yogyakarta 

Bukit Panguk memiliki negeri di atas awan yang dapat Anda saksikan dari bibir tebing. Dengan menaiki gardu yang tersedia, Anda dapat berswafoto dengan latarbelakang negeri di atas awan. Berfoto dengan gaya yoga juga banyak dilakukan oleh pengunjung untuk mendapatkan foto dengan tema back to nature

Masih banyak negeri di atas awan yang berada di Indonesia. Jika Anda tertarik untuk mengetahui destinasi lainnya, kunjungi Kompas Travel Fair 2019 pada 20-22 September 2019 di empat kota besar Jakarta, Medan, Makassar, dan Surabaya. Disana tersedia berbagai paket tur yang menarik, dan lebih istimewanya tahun ini terdapat tiga paket tur baru untuk Anda yang ingin berlibur dengan biaya terbatas.  

Adventure package, domestic package, dan halal package dapat disesuaikan dengan biaya berliburan Anda. Rencanakan liburan Anda dan kunjungi Kompas Travel Fair 2019!