Ibukota Jakarta merupakan kota tersibuk yang ada di Indonesia. Bagaimana tidak, kota Jakarta merupakan pusat perekonomian di Indonesia, dimana hampir seluruh masyarakat dari luar daerah datang untuk mencari pekerjaan.

Sebagai kota destinasi ekonomi, Jakarta menggambarkan kondisi kota yang begitu penat. Kesibukan yang dijalani penduduknya tidak meninggalkan begitu banyak waktu untuk dihabiskan bersama keluarga, terutama bersama anak di rumah. Tapi tenang saja, Anda tidak perlu pergi ke luar kota yang membutuhkan perjalanan yang jauh dan waktu yang lama,karena ibukota Jakarta ini juga memiliki destinasi wisata edukatif untuk liburan si kecil di akhir pekan.

  1. Pinisi Science & Edutainment Park

Berlokasi di Pasaraya Blok M, Jakarta Selatan, Pinisi Science & Edutainment Park merupakan taman bermain dimana si kecil dapat melakukan banyak kegiatan yang pastinya interaktif dan mengajak mereka untuk banyak berpikir. Contohnya saja, aktivitas dalam kegiatan kesenian, budaya, teknologi, dan lingkungan. Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp65.000 – Rp135.000 untuk hari biasa dan Rp75.000 – Rp165.000 untuk akhir pekan, si kecil bisa berinteraksi dengan beragam permainan edukatif yang menyenangkan! 

Pinisi Science & Edutainment Park menyediakan tempat dimana anak bisa mengapresiasi budaya dan kesenian Indonesia. Disini, mereka bisa bermain dan belajar menggunakan instrumen musik tradisional, menari, bermain wayang, membatik, dan kegiatan seni lainnya. Jadi tidak hanya bermain saja, tetapi si kecil juga dikenalkan dan diajarkan kesenian budaya Indonesia.

Tidak hanya itu, si kecil juga akan belajar untuk menjadi seorang ilmuwan pintar di Science Center. Dimana si kecil bisa mengeksplorasi kegiatan ilmiah yang pastinya akan memberikan pengalaman dan pengetahuan yang seru!

  1. Museum Layang-Layang

Ingat dengan mainan yang satu ini? Ya, bagi Anda yang lahir sebagai anak tahun 90-an mungkin masih mengenali dan merindukan momen saat menerbangkan mainan layang-layang ini. Namun, tidak dengan adik maupun anak kita yang lahir di era teknologi. Kebanyakan dari mereka tidak begitu tahu serunya bermain layang-layang seperti yang dulu Anda rasakan.

Anda bisa membagikan keseruan masa kecil Anda dengan berkunjung ke Museum Layang-Layang yang terletak di Jalan H. Kamang No 38, Pondok Labu, Jakarta Selatan. Hanya dengan membayar Rp. 15.000, di museum ini si kecil tidak hanya diajak untuk sekedar melihat koleksi layang-layang yang ada saja lho, tapi juga diajak untuk membuat kreasi layang-layang mereka sendiri.

  1. Planetarium

Planetarium yang berlokasi di Jalan Cikini Raya 73, Jakarta, Anda bisa mengajak si kecil untuk menyaksikan indahnya pertunjukan bintang-bintang di dalam kubah gelap. Tidak lupa pastinya si kecil juga akan belajar mengenai astronomi bintang di sini. Hanya dengan merogoh kocek Rp7.000 (anak-anak) dan Rp12.000 (dewasa) si kecil pasti akan senang dan takjub dengan keindahan visual mengenai bintang-bintang, tata surya, dan planet yang sebelumnya tidak ia ketahui.

Itulah beberapa destinasi wisata edukasi untuk si kecil yang bisa Anda kunjungi selama akhir pekan. Jika Anda ingin mengajak si kecil dan keluarga menjelajahi destinasi menarik di dalam maupun luar negeri lainnya, Anda bisa mengunjungi Kompas Travel Fair 2019 yang akan diadakan pada tanggal 20 hingga 22 September 2019. Ajak si kecil menjelajahi dunia bersama Kompas Travel Fair 2019 #ExploreItYourWay!