Setiap negara memiliki budaya, sejarah, dan keajaiban masing-masing. Salah satunya, Kamboja, negara yang terletak di Asia Tenggara. Kamboja menyimpan daya tarik dan panorama alam yang spektakuler. Selain itu, Kamboja juga memiliki kota pusat spiritual dan keagamaan luar biasa, yang terletak di Siem Reap. Di kota tersebut terdapat taman arkeologi Angkor yang menjadi rumah bagi ratusan candi, di antaranya Bayon, Ta Phrom dan salah satu dari tujuh keajaiban di dunia Angkor Wat.

Simak pembahasan tentang tiga candi spektakuler yang berada di Siem Reap di bawah ini.

Angkor Wat

Candi Angkor Wat di Siem Reap, Kamboja
Gambar: Shutterstock

Angkor Wat terletak di jantung taman arkeologi Angkor yang megah. Candi yang mencakup kawasan seluas 162,2 hektar ini merupakan salah satu yang paling besar dan terpopuler di Kamboja. Angkor Wat dibangun pada abad ke-12 sebagai candi Hindu, kemudian berubah menjadi tempat ibadah bagi umat Buddha. Bangunan utama candi ini terdiri atas 5 menara: 1 berdiri di pusat bangunan, sedangkan 4 lainnya mengitari menara utama dengan ketinggian mencapai 65 meter. 

Tempat yang termasuk dalam daftar UNESCO World Heritage List ini tak hanya terkenal dengan karya seni dan relik-relik bergaya arsitektur Khmer yang agung dan penuh detail, tetapi juga pemandangan spektakuler bisa disaksikan ketika naik ke puncak menara pusat.

Angkor Wat merupakan ikon dari Kamboja seperti dapat dilihat keberadaannya pada bendera nasional Kamboja. Candi ini juga memegang peranan penting bagi perekonomian Kamboja karena merupakan destinasi dari 50 persen turis yang tiba di Kamboja.

Bayon

Gambar: Shutterstock

Meskipun candi ini lebih kecil dibandingkan Angkor Wat, Bayon yang dibangun pada akhir abad ke-12 dan awal abad ke-13 ini masuk dalam daftar candi ikonis yang harus dikunjungi oleh wisatawan saat berkunjung ke Kamboja. Candi ini sendiri dikenal dengan Candi Buddha Tersenyum atau The Smiling Buddha Temple karena terdapat 51 patung Buddha tersenyum yang memiliki 4 sisi wajah menghadap ke 4 arah angin. 

Candi ini dibuat dengan menggunakan alat seadanya, tetapi keahlian dan keterampilan para pemahat yang hidup pada masa tersebut dapat dibuktikan dari kemiripan 204 wajah dari 51 patung Buddha. Senyum yang tersungging pada wajah patung Buddha tersebut mampu memberikan wisatawan ketenangan dan ketenteraman yang tidak ada duanya di hati dan menyimpan pesan bahwa dalam menjalani hidup di dunia, kita harus melaksanakan dengan hati tenteram, riang, dan selalu bersyukur.

Ta Prohm

Gambar: Shutterstock

 Berbeda dengan candi-candi di Siem Reap yang direstorasi, Candi Ta Prohm yang dibangun pada akhir abad ke-12 dan awal abad ke-13 ini dibiarkan dalam kondisi asal sebagaimana ditemukan. Dengan membaurnya gedung arsitektur yang sangat bersejarah dan alam, candi ini menjadi lebih mengagumkan karena menimbulkan kesan suasana rimba dan alami.

 Candi yang awalnya berfungsi sebagai wihara dan universitas beraliran Buddha Mahayana ini menjadi terkenal karena keunikan, kealamian, dan keindahan akar pohon besar yang memeluk dan melilit candi. Bahkan, produser film terkemuka seperti film Lara Croft: Tomb Raider yang diperankan oleh Angelina Jolie, memilih tempat ini sebagai tempat syuting beberapa adegannya.

 Inilah tiga candi spektakuler dari ratusan candi yang bisa Anda temukan di Siem Reap. Tak perlu berpikir panjang #ExploreItYourWay dan jadikan Siem Reap destinasi liburan Anda kali ini bersama Kompas Travel Fair yang menyediakan berbagai macam paket wisata dengan promosi-promosi terbaik.