India merupakan rumah bagi beragam budaya, bahasa, dan gaya kuliner yang sangat bervariasi. Hidangan India menjadi salah satu masakan paling populer di dunia karena penggunaan rempahnya yang begitu kaya akan rasa nikmat dan begitu menggugah selera. Hidangan khas India mempunyai keistimewaannya sendiri karena kemampuannya menggabungkan seluruh palet rasa—manis, asam, pedas dan gurih—dengan menyatukan rempah-rempah, kacang-kacangan, serta bumbu-bumbu aromatik secara harmonis.

Jika Anda penjelajah kuliner sejati, India adalah salah satu negara yang patut dikunjungi pada liburan kali ini. Namun, sebelum menjelajahi kekayaan kuliner India, simak dahulu lima hidangan tradisional khas India yang wajib Anda coba di sana.

Masala Dosa

Hidangan tradisional India yang harus Anda coba, Masala Dosa
Gambar: Shutterstock

Penjelajahan kuliner di India tak akan lengkap tanpa mencoba masala dosa. Dosa adalah panekuk atau krep sangat tipis yang terbuat dari beras fermentasi dan lentil hitam. Dosa yang diisi dengan masala, kentang goreng, biji sesawi, dan rempah-rempah lainnya, yang digulung dalam penyajian. 

Masala dosa biasanya disajikan dengan berbagai macam saus lalu ditambah dengan salam dan sambar yang terbuat dari sayur pedas dan rebusan lentil, menjadikannya perpaduan yang cocok untuk hidangan ini. Hidangan yang cocok disajikan pada pagi hari ini menjadi hidangan pokok di India bagian selatan yang mencangkup daerah Andhra Pradesh, Karnataka, Kerala, Tamil Nada, dan Kashmir.

Hyderabadi Biryani

Hidangan tradisional India yang wajib Anda coba, Hyberabadi Biryani
Gambar: Shutterstock

Hyderabadi biryani adalah variasi biryani (nasi basmati yang dimasak dengan rempah dan daging pilihan) yang berasal dari Hyderabad, India. Hidangan nasi ini berisi perpaduan nasi basmati, daging pilihan (kambing, ayam atau sapi), bawang merah, kayu manis, dadih, cengkeh, kapulaga, daun salam, pala, jintan hitam, bunga pala, adas bintang, jeruk lemon, dan kunyit.

Hyderabadi biryani adalah hidangan yang begitu istimewa karena penggunaan teknik memasak dum, yakni semua bahan-bahan ini dicampur dan dimasukkan ke dalam pot tanah liat lalu dimasak di atas api kecil untuk meningkatkan aroma hidangan ini.

Kathi Roll

Hidangan tradisional yang wajib Anda coba, Kathi Roll
Gambar: Shutterstock

Kathi roll adalah jajanan pasar yang berasal dari Kolkata, Benggala Barat, yang dapat ditemukan di seluruh India. Kathi roll yang khas dibuat dengan paduan telur goreng, pilihan daging seperti ayam, kambing, sapi lalu dipadukan dengan bumbu, macam-macam rempah, seperti bawang, cabai, jeruk nipis, masala, garam masala, dan rempah-rempah khas India. 

Potongan daging ayam yang sudah dimasak bersama paduan bumbu dan rempah ini kemudian digulung di dalam selembar kulit tortilla lalu dipanggang sebentar di atas sebuah wajan datar hingga kulit tortilla berwarna kuning kecokelatan. Kathi roll enaknya disantap selagi panas dan gurih.

Pani Puri

Hidangan tradisional India yang wajib Anda coba, Pani Puri
Gambar: Shutterstock

Seperti kathi roll, pani puri adalah salah satu jajanan pasar yang paling terkenal dan dapat ditemukan di seluruh penjuru India. Pani puri merupakan hidangan hasil dari dua elemen pani dan puri yang digabungkan. Pani adalah cairan yang terdiri dari campuran air, daun mint, daun ketumbar, air asam, cabai hijau, jahe, jintan, garam, gula dan perasan jeruk nipis yang dihaluskan. Puri adalah bola-bola kopong yang renyah terbuat dari adonan tepung semolina dan bahan-bahan lainnya.

Dengan gabungan dua elemen ini, lidah Anda akan dimanjakan oleh elemen rasa yang berbeda-beda, memberikan sensasi rasa yang belum pernah dirasakan sebelumnya.

Gulab Jamun

Hidangan tradisional India yang wajib Anda coba, Gulab Jamun
Gambar: Shutterstock

Selain makanan yang kaya akan rempah-rempah aromatik, India merupakan negara yang terkenal akan makanan manisnya. Salah satu manisan paling populer di India adalah gulab jamun. Hidangan ini dapat Anda temukan di seluruh India. 

Manisan ini dibuat dari padatan susu yang diuleni menjadi adonan, kemudian digulung seperti bola dan digoreng. Bola-bola adonan berwarna cokelat yang kenyal ini kemudian direndam atau disiram dengan sirup manis yang terbuat dari campuran kunyit, kapulaga, atau air mawar. 

Lima makanan tradisional khas India di atas terlihat sangat menggiurkan, bukan? Hidangan ini tidak cukup hanya dinikmati dengan kata-kata, Anda harus mencobanya sendiri di India bersama Kompas Travel Fair 2019 yang akan mengajak Anda untuk #ExploreItYourWay dengan berbagai pilihan maskapai favorit Anda dan promosi-promosi terbaik.