Bagi masyarakat yang tinggal di negara-negara tropis, berlibur ke negeri bersalju menjadi perjalanan impian. Itulah sebabnya, negara-negara empat musim masih menjadi tujuan liburan utama, termasuk bagi wisatawan asal Indonesia.

Di Eropa bagian utara, misalnya, musim dingin mulai menyelimuti kawasan ini pada akhir tahun. Apalagi, Eropa utara tak hanya menyuguhkan salju dan es, tapi juga “negeri dongeng”. Maka, jika kita telah memutuskan untuk mengambil cuti akhir tahun nanti, sekarang menjadi waktu yang pas untuk merancang agenda jalan-jalan ke Eropa utara.

Mungkin saja, jika bersiap dari sekarang, kita bisa mendapat tiket penerbangan dan akomodasi dengan harga yang lebih hemat. Berikut ini aktivitas bersama keluarga yang bisa dilakukan selama di Eropa utara.

King Crab Safari

Foto-foto: Shutterstock.

Di Kirkenes, sebuah kota di Norwegia, kita bisa memperkaya pengalaman dengan petualangan menangkap kepiting artik. Bernama King Crab Safari, kegiatan wisata ini mengajak kita untuk bersafari menggunakan snowmobile dan menangkap kepiting yang beratnya bisa mencapai 15 kilogram. Setelah ditangkap, kita dapat bersama-sama merasakan kenikmatan daging kepiting ini dengan racikan bumbu khas Norwegia.

Igloo Village

Selanjutnya kita bisa singgah di Saariselka, Finlandia, untuk mengunjungi Igloo Village Kakslauttanen. Desa ini terkenal dengan rumah dan bangunan yang terbuat dari es pada musim dingin.

Selain itu, coba juga bermalam di kawasan Artik Utara, tepatnya di Hotel Kakslautten Igloo West Village. Tipe kamar di penginapan ini sungguh unik, yaitu glass igloo. Tipe ini sudah dilengkapi dengan toilet, sauna, dapur mini, dan tungku api unggun.

Santa Claus Village

Nah, jalan-jalan dengan anak-anak tak bisa melewatkan yang satu ini, yakni mengunjungi “Desa Santa Klaus”. Setiap tahunnya, Santa Claus Village di Rovaniemi, Finlandia, dipenuhi wisatawan. Tujuan utama datang ke sini untuk bertemu Santa Claus langsung di rumahnya. Tidak hanya bertemu Santa, kita juga bisa mengirim surat khusus dari rumahnya, maupun mengirim surat ke Santa Claus Main Post Office.

Sejumlah aktivitas menarik pun dapat wisatawan lakukan bersama si kecil. Mulai dari naik kereta husky, mobil es, sampai mengunjungi kandang rusa kutub. Aktivitas main salju pun tidak boleh dilewatkan.

Aurora Borealis

Jika cuaca memungkinkan, berfotolah dengan latar Aurora Borealis. Masih di Rovaniemi, Finlandia, jika beruntung kita dapat melihat fenomena ini. Aurora Borealis adalah pancaran cahaya pada lapisan ionosfer dari sebuah planet. Pancaran cahaya yang berwarna-warni di langit tersebut dapat dilihat di bagian utara dan selatan bumi. Waktu terbaik menengok fenomena ini biasanya pada Desember hingga Februari.

“The Church of Rock”

Jika masih di Finlandia, mampirlah juga ke Kota Helsinki. Di sini, wisatawan dapat mengunjungi Gereja Temppeliaukio. Gereja ini dirancang oleh Tuomo dan Timo Suomalainen. Dikenal sebagai “The Church of Rock”, gereja ini dibangun menjadi batu yang solid. Konstruksi bangunan dimulai pada 1968. Permukaan dinding yang tampak dari bebatuan dibiarkan kasar sehingga mampu memberikan efek akustik yang ideal. Dengan demikian, gereja ini sering digunakan untuk pertunjukan konser.

Semua keseruan wisata musim dingin di Eropa utara ini dapat dinikmati bersama Avia Tour. Dengan paket wisata menarik dan unik dari Avia Tour, pengalaman wisata kita bersama keluarga akan terasa menyenangkan. [*]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 22 Agustus 2019.