Ke manakah liburan Anda jika menyambangi Eropa? Bagaimana kalau mengunjungi kota-kota yang berada di sekitar Laut Baltik? Inilah beberapa kota yang layak untuk dikunjungi jika Anda hendak menikmati suasana Laut Baltik.

Riga

Foto-foto: Shutterstock.com

Pernahkah terpikir untuk liburan ke Riga, ibu kota negara Latvia, yang terletak di pesisir Laut Baltik. Riga merupakan kota terbesar di negara Baltik dan terkenal sebagai pusat budaya, politik, bisnis, keuangan, industri, dan pendidikan. Pusat kota Riga sudah masuk ke dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.

Di Riga, Anda bisa melangkahkan kaki ke Old Town yang punya pemandangan artistik dengan bangunan-bangunannya yang sudah berusia hingga 800 tahun. Arsitektur bangunan ini bergaya Art Nouveau. Di sini juga banyak pemandangan gereja bergaya Gotik dan Barok, antara lain Dome Cathedral St Mary The Virgin yang menjadi gereja terbesar di Baltik sejak abad ke-13. Di sini juga ada museum militer yang juga wajib dikunjungi.

Tallinn

Negara lain yang berhadapan langsung dengan Laut Baltik adalah Estonia. Ibu kota Estonia, Tallinn, menyimpan beberapa destinasi wisata yang juga tak kalah menarik. Serupa dengan Riga, Estonia juga punya kota tua dengan kekhasan arsitekturnya. Kota ini sendiri sudah masuk ke dalam Situs Warisan Dunia UNESCO juga.

Di Tallinn, selain berburu suvenir, Anda bisa mengabadikan momen liburan di Kadriorg Palace. Kadriorg Palace merupakan istana dengan taman yang besar dan sudah dilestarikan sejak abad ke-18. Selain Kadriorg Palace, Anda bisa mengunjungi St Olaf’s Cathedral.

Helsinki

Kota yang satu ini tentunya lebih terkenal dibandingkan dua kota sebelumnya. Helsinki adalah ibu kota Finlandia dan merupakan kota yang paling padat di negara ini. Di Helsinki, Anda bisa berjalan-jalan melihat keindahan kota ini. Beberapa rekomendasi pesona Helsinki adalah Gereja Tempelliaukio, gereja yang dibangun di dalam batu karang.

Masih banyak lagi destinasi wisata di kota ini. Anda bisa melanjutkan perjalanan dan berfoto di depan gedung parlemen Finlandia, berbelanja di market square, dan melihat Sibelius Monument.

Stockholm

Stockholm adalah ibu kota Swedia dan menjadi kota terpadat di negara-negara Nordik. Anda bisa ke Stockholm dari Helsinki dengan menggunakan kapal feri. Tempat wajib kunjung di Stockholm adalah Vasa Ship Museum, museum maritim yang memiliki diorama kapal abad ke-17 dengan ukuran asli dan utuh.

Perjalanan bisa dilanjutkan ke City Hall untuk berfoto di sana. City Hall adalah gedung tempat perjamuan makan malam peraih Nobel. Setelah itu, tidak ada salahnya untuk melihat dan merasakan suasana kota tua di Stockholm atau berkunjung ke concert hall-nya. Nikmati destinasi menarik kota-kota di sekitar Laut Baltik bersama biro perjalanan wisata pilihan Avia Tour. [*]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 26 September 2019.

Tags : avia tour