Menjelang akhir tahun, suasana khas Natal biasanya mulai terasa. Tak heran, banyak orang memilih untuk menghabiskan liburan akhir tahun di Eropa, sekaligus merayakan Natal.

Jika Anda salah satu orang yang juga tertarik berlibur ke Eropa saat akhir tahun, mungkin Finlandia bisa dijadikan pilihan. Negara ini memiliki desa yang diklaim menjadi kampung halaman Sinterklas. Desa itu bernama Santa Claus Village yang terletak di Rovaniemi, Lapland, Finlandia.

Di sini, Anda bisa menikmati beragam sugu­han atraksi yang cocok untuk keluarga dan perayaan Natal. Sebelum menjadi kawasan wisata, desa ini sering dijadikan tujuan utama bagi pelancong yang ingin melihat Aurora Borealis dan midnight sun.

Saat berkunjung ke sini, Anda bisa bertemu langsung dengan Sinterklas. Namun, untuk bisa bertemu dengannya, saat ini harus melakukan booking jadwal. Hal ini karena banyak sekali orang yang ingin bertemu dengannya. Di sini, Anda juga berfoto bersama Sinterklas.

Melintasi lingkaran Arktik

Saat berlibur di Finlandia, sebaiknya tidak hanya menyambangi desa Sinterklas. Anda juga bisa melintasi batas imajiner dan masuk ke lingkaran bernama Arktik. Setelah melintasi batas imajiner itu, Anda akan mendapat sertifikat sudah pernah melintasi Arctic Circle.

Malam hari di Finlandia menjadi waktu yang tepat untuk menikmati suguhan wisata. Setelah dari Rovaniemi, Anda bisa mengarahkan tujuan ke Kemi, sebuah kotamadya di Finlandia. Di kota ini, Anda bisa merasakan pengalaman seru memecahkan es dengan kapal penghancur es.

Foto-foto: Shutterstock.com

Dengan icebreaker cruise, Anda akan diajak untuk mengelilingi lautan Baltik yang membeku. Pada malam hari, Anda akan diajak berburu aurora yang menari di atas langit dengan menggunakan Olokolo Ride.

Pengalaman unik

Finlandia juga memiliki kebun binatang. Nah, obyek wisata yang satu ini juga wajib dikunjungi. Nama kebun binatang di Finlandia itu adalah Ranua Wildlife Park. Di sini, Anda bisa melihat dari dekat binatang khas kutub utara, antara lain beruang, serigala, rubah kutub, dan rusa salju.

Ingin merasakan pengalaman menarik lain­nya? Anda harus mencoba berkendara dengan cara ditarik oleh rusa kutub (Reindeer Express by Sleigh) di Kota Saariselka. Di Saariselka, Anda juga bisa merasakan bermalam dengan beratapkan auro­ra dari kabin aurora di Northern Lights Village.

Semua pengalaman ini bisa Anda wujudkan bersama Avia Tour. Bersama Avia Tour, liburan musim dingin Anda akan semakin menyenangkan.

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 31 Oktober 2019.