Sekarang saatnya merencanakan liburan akhir tahun. Jika ada kesempatan, saat anak-anak telah mendapat libur sekolah, ajak mereka untuk mencecap pengalaman baru. Berlibur ke tempat-tempat yang jauh akan menjadi kado pengujung tahun yang menyenangkan. Yang penting, siapkan perjalanan secara matang.

Amerika Serikat (AS) bisa menjadi destinasi yang wow. Ada banyak pilihan tempat wisata saat kita mengunjungi AS. Wilayah Pantai Barat menyuguhkan obyek wisata yang fun dan santai. Termasuk wisata belanja. Ditambah lagi, Pantai Barat menyimpan atraksi wisata berupa taman hiburan yang bisa memberikan keseruan dan pengalaman berkesan untuk si kecil. Pantai Timur pun tak kalah oke karena berhiaskan gedung bersejarah yang sarat dengan kisah nasionalisme.

Musim dingin akan menjadi momen yang pas untuk jalan-jalan ke AS. Di Pantai Barat, awali jalan-jalan dari New York. Di sini, kita bisa melakukan city tour untuk melihat kemegahan kota ini.

Setelah itu, kita bisa menumpang feri untuk menikmati Pulau Liberty guna melihat Patung Liberty. Inilah patung yang melambangkan pengaruh Amerika terhadap dunia. Mengunjungi Negeri Paman Sam terasa belum lengkap jika tak berfoto dengan latar Patung Liberty.

Foto-foto: Shutterstock.com

Kita juga bisa mampir ke Philadelphia untuk merasakan atmosfer kota yang menjadi tempat proklamasi kemerdekaan AS. Selanjutnya, jika punya cukup dana, bisa juga merasakan pengalaman berbelanja di kawasan Fifth Avenue. Hampir semua merek terkenal di dunia membuka gerai di sepanjang jalan ini.

Nikmati juga suguhan alam dari sisi Amerika lainnya. Perjalanan bisa bergeser ke Grand Canyon yang menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia. AS juga punya ngarai yang terkenal, yakni Antalope Canyon yang berada di atas ketinggian 4.000 kaki.

Agenda selanjutnya, kita bisa bergeser ke Los Angeles menggunakan pesawat domestik. Di sini, kita bisa menyambangi salah satu sudut kotanya yang bergengsi, Hollywood. Kita bisa singgah di Walk of Fame, kemudian melewati Mann’s Chinese Theatre dan The Hollywood & Highland Center. Bisa juga melintas di Beverly Hills, permukiman bergengsi pemain film dan kaum elite Amerika.

Setelah itu, meluncurlah ke Anaheim yang merupakan Resort Disneyland California. Dunia Disney menanti keluarga kita. Suasana negeri dongeng dapat dirasakan melalui beragam permainan dan atraksi menarik. Ada Jungle Cruise, Adventure Indiana Jones, Pirates of The Carribean, Haunted Mansion, Big Thunder Mountain, Splas Mountain, Space Mountain, hingga Finding Nemo Submarine Voyage. Sembari menunggu buah hati asyik bermain, orangtua bisa berbelanja suvenir Disney di Main Street USA.

Jika belum puas, ajak si kecil menuai keseruan lainnya di Universal Studio. Taman hiburan ini menawarkan fasilitas studio tour, mengajak pengunjung menyimak proses pembuatan film-film Amerika, seperti Shrek 4D, Revenge of The Mummy, dan Jurasic Park. Menelisik aktivitas belakang layar memberikan pengalaman yang sulit dilupakan.

Empat hingga lima tahun terakhir, AS memang sedang naik pamor sebagai tujuan wisata. Terlebih lagi, wisatawan Indonesia telah dimudahkan dalam mengurus pembuatan visa. Hal ini semakin mendorong minat banyak orang untuk berkelana ke sana. Agar dapat menyesap pengalaman wisata ke AS secara nyaman dan aman, sebaiknya ikuti paket wisata bersama agen perjalanan berpengalaman. Salah satunya, Bayu Buana Travel Services yang telah menyiapkan paket pelesiran menarik ke Negeri Paman Sam. [*]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 26 September 2019.