Rusia, negara dengan luas lebih dari 17 juta kilometer persegi atau 9 kali lebih besar dari Indonesia ini tak hanya dikenal sebagai negara maju, tetapi juga mempunyai segudang atraksi wisata memukau. Tak heran, negara ini menjadi tujuan berlibur wisatawan dunia.

Berada di kawasan Eurasia, Rusia siap meman­jakan diri Anda saat berlibur dan berelaksasi. Kota Irkutsk dapat dijadikan menu pembuka saat berkunjung ke negara ini. Di kota yang dikenal dengan sebutan ”Paris of Siberia” ini wisatawan dapat berkeliling kota untuk melihat keelokan yang menggoda, sekaligus mengunjungi Gereja Ortodoks dengan arsitektur menakjubkan. Pemandangan bak Negeri Dongeng yang terdapat hamparan salju putih juga dapat Anda nikmati bersama keluarga atau teman terdekat.

Lanjutkan perjalanan menuju Kirov Square atau alun-alun untuk melihat indahnya warna bunga sekaligus menikmati air mancur dan suasana sekitar. Setelah puas menikmati suguhan kawasan tersebut, rangkai perjalanan menuju Monumen Alexander III dan Moscow Gate yang tak kalah populer. Jangan lupa, manfaatkan kamera digital atau kamera ponsel Anda untuk merekam setiap momen tersebut.

Senja memukau

Rajut kembali perjalanan mengesankan ini menuju Pulau Olkhon yang memukau dengan menggunakan hovercraft. Pada saat musim dingin, kita dapat melihat salju putih dan tebal di sepanjang jalan. Setelah itu, lanjutkan menuju Danau Baikal untuk menikmati senja yang memukau.

Danau tersebut merupakan danau terdalam di dunia yang memiliki volume air tawar terbanyak dibandingkan danau lainnya. Danau memukau ini merupakan salah satu situs warisan dunia yang juga dikenal dengan ”Mata Biru Siberia”. Melihat keelokan danau tersebut sembari merasakan angin sepoi-sepoi adalah salah satu pilihan menarik untuk membuat pengalaman berlibur Anda semakin tak terlupakan.

Ingin merasakan keseruan lainnya? Berken­daralah di pulau tersebut dengan menggunakan mobil UAZ di atas permukaan es yang membeku. Di sana, kita dapat mengunjungi bagian paling utara Pulau Olkhon yang bernama Khobay Cape yang merupakan pertemuan antara bagian danau kecil dan besar. Nikmati segala keelokannya.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi Ice Grottoes dan Shaman Rock yang merupakan tempat suci bagi para Shamans. Lengkapi pengalaman Anda menuju Listvyanka untuk mengunjungi Gereja St Nicholas yang berada di Krestovaya Valley. Bagi yang ingin mencicipi makanan khas daerah tersebut bisa mengunjungin Fish Market untuk menikmati ikan omul asap yang legendaris.

Setelah itu, kunjungi Baikal Museum dan Observation Point yang juga menjadi tujuan berlibur wisatawan dunia. Dengan menggunakan kereta gantung atau cable car, nikmati indahnya Danau Baikal dari ketinggian. Sambangi pula Museum of Wooden Architecture “Taltsi” yang menyuguhkan karya-karya mengagumkan.

Tentu, masih banyak atraksi wisata lain yang tak kalah menggoda untuk dinikmati. Penasaran? Segera daftarkan diri Anda dan keluarga di ATS Vacations yang telah menyiapkan paket-paket liburan yang menggoda. Dapatkan juga promo diskon hingga Rp 2,5 juta setiap orang. [*]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 26 September 2019.