Liburan musim dingin di Jepang telah menjadi wishlist bagi kebanyakan wisatawan Indonesia. Negara maju di Asia Timur ini memang menawarkan pengalaman liburan musim dingin yang sulit dilupakan.

Agar pengalaman Anda cukup berbeda, perjalanan bisa dimulai dari Noboribetsu. Di sini, ada Showa Shinzan Bear Ranch dan Date Jidaimura, area bergaya zaman Edo yang kental. Jangan lupa untuk menyempatkan diri berfoto di Jigokudani Hell Valley, sebuah geyser air panas yang menyembur ke atas.

Jepang tidak melulu menawarkan pengalaman wisata ke kuil. Ada beberapa destinasi bukan kuil yang direkomendasikan. Misalnya, Onuma Quasi National Park atau berkunjung ke Goryokaku Fort, sebuah benteng bergaya barat pertama di Jepang. Menariknya, benteng ini berbentuk bintang jika dilihat dari ketinggian.

Jika sempat, mampirlah ke Gunung Hakodate dengan ropeway. Ini bisa dilakukan jika cuacanya memungkinkan. Dari atas Hakodate, keindahan kota bisa dinikmati. Pada pagi harinya, Hakodate Morning Market menyajikan pengalaman berbelanja di pasar tradisional Jepang. Ada lebih dari 200 toko yang menyediakan makanan laut segar dan bermacam suvenir yang bisa dibeli.

Ingin menjajal bermain ski? Bertolaklah ke Niseko Ski Resort untuk merasakan pengalaman bermain ski. Jika tidak ingin, Anda bisa bermain salju atau mengabadikan momen berharga tersebut.

Ada kota lain yang menarik juga untuk dikunjungi, yaitu Sapporo. Di sini, Anda bisa melihat dan berbelanja di German Christmas Market, menikmati Odori Park, atau berfoto di depan ikon kota Sapporo, yaitu Clock Tower.

Berkunjung ke Jepang tak lengkap kalau tidak mengetahui seluk-beluk tentang kulinernya. Di Asahikawa Ramen Village, Anda bisa melihat proses pembuatan, mengetahui sejarah, dan tentunya mencicipi ramen khas Asahikawa. Tak hanya ramen, Anda pun bisa melihat pembuatan minuman khas Hokkaido di Otokoyama Sake Museum.

Pengalaman mengunjungi destinasi yang berbeda di Jepang ini bisa dinikmati bersama Avia Tour. Bersama Avia Tour, rasakan kebebasan dalam liburan musim dingin di Jepang. [*]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 12 September 2019.

Tags : avia tour