Wilayah China yang begitu luas menawarkan banyak hal untuk dijelajahi. Untuk merasakan budaya, dinamika masyarakat urban, sekaligus keindahan alam, Anda dapat memilih, misalnya, Provinsi Guangdong di bagian tenggara negara ini. Ada banyak daerah dengan karakter unik yang tentu saja menarik bagi para wisatawan.

Secara historis, Guangdong adalah provinsi tempat titik awal Jalur Sutera dan tempat lahirnya revolusi. Selain ceritanya yang menarik, pemandangannya begitu elok. Pearl River mengaliri wilayah ini, dengan kekayaan alam lain yang tak akan habis dieksplorasi. Berikut ini beberapa daerah yang bisa disambangi ketika menjejakkan kaki ke Guangdong, China.

Shunde

Shunde dikenal dengan Daliang pada zaman dahulu. Tempat ini menawarkan ketenangan dengan suasananya yang santai. Taman-taman di sini ditata dengan indah, kota kunonya juga sederhana dan tenang.

Salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi di sini adalah Fengjian Water Town. Ada kanal-kanal kecil yang menghubungkan sejumlah atraksi di sini. Tempat ini juga menjadi lokasi pembuatan sejumlah drama dan serial televisi. Temukan Stone Bridge, kuil kuno dari Dinasti Ming, gapura dari kayu ala Dinasti Qing, dan langgam arsitektur lain yang terkenal dalam sejarah.

Pelancong dapat menyusuri kanal atau berjalan kaki di setapak berbatu pada kedua sisi Fengjian Water Town ini.

Guangzhou

Guangzhou yang dulu dikenal sebagai Kanton adalah salah satu pusat bisnis tersibuk di dunia. Meski menjadi kota metropolis yang sibuk, tempat ini juga masih memiliki lorong-lorong sempit yang menyenangkan untuk disusuri, kedai-kedai dimsum yang hangat, serta toko-toko kecil dengan arsitektur yang khas. Di saat yang sama, Anda akan mendapati ikon-ikon arsitektural modern seperti Shujiang New Town, Opera House rancangan mendiang Zaha Hadid, dan Canton Tower yang berpinggang ramping. Jangan lupa mampir ke Canton Tower atau menikmatinya pada malam hari dari Pearl River.

Guangzhou juga terkenal sebagai destinasi wisata belanja. Pengalaman berbelanja ini bisa Anda rasakan salah satunya di Beijing Lu Pedestrian Street atau Beijing Road. Nama ini diperoleh dari situs arkeologi di tengah tempat ini, yang menunjukkan jalan ini sudah ada sejak ribuan tahun silam. Di area ini, hampir apa saja tersedia.

Qingyuan

Berkendara sekitar 70 kilometer dari Guangzhou, Anda akan sampai di Qingyuan. Wilayah dengan tebing-tebing ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Di sini terdapat Gulong Canyon, yang menyajikan air terjun yang jatuh dari tebing yang tinggi.

Pada Juni 2018, dibangun pula jembatan kaca tertinggi di Guangdong, tepatnya di Huangtengxia. Disokong dengan tiga pilar baja raksasa, jembatan ini tampak seperti dua raket tenis yang posisinya menyilang. Jembatan setinggi 500 meter ini menjorok ke luar sepanjang 368 meter dari tebing. Ketika turis meniti jembatan dengan waswas, mereka mungkin akan mendengar suara kaca yang pecah, melongok ke bawah, dan mendapati retakan akan muncul di bawah kaki mereka! Tak perlu khawatir, itu adalah efek spesial yang sengaja dimunculkan. Meniti jembatan ini akan memicu adrenalin Anda.

Foto-foto: Shutterstock

Guangdong adalah ide yang ciamik untuk liburan yang mengesankan. Untuk vakansi yang lancar yang nyaman, Anda bisa melakukannya bersama ATS Vacations. Agen perjalanan tepercaya ini akan membuat wisata Anda tak terlupakan. [*/NOV]

Foto Utama : Dokumen ATS Vacations.

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 29 Agustus 2019.