Jepang itu memang mengesankan. Jauh hari sebelum menjadi negara modern seperti sekarang, ketertiban dan kedisiplinan warga sudah tampak di hampir seantero negerinya.

Bukan hanya kota-kota besarnya, Jepang juga menyuguhkan kekaguman lewat pesona keindahan alamnya. Itulah sebabnya, paket wisata Jepang sering diincar oleh wisatawan Indonesia.

Salah satu yang wajib dikunjungi saat melancong ke Jepang adalah Pulau Hokkaido. Ada apa saja di pulau paling utara di Jepang itu? Berikut rangkuman Travel.kompas.id dari berbagai sumber.

Satwa Hokkaido

Hokkaido mulai membangun peradaban pada abad ke-18. Di kota ini, kamu bisa melihat kehidupan satwa asli Hokkaido dari berbagai sisi. Contohnya, penguin pada musim dingin, singa laut, dan beruang kutub.

Baca juga: Keindahan Musim Bunga di Jepang

Sake dan ramen

Sake dan ramen adalah ikon Jepang. Di Hokkaido, kamu bisa mampir di Museum Otokoyama Sake untuk melihat proses pembuatan sake dan kalau mau bisa mencicipinya. Jangan lupa pula untuk mengudap ramen dengan cita rasa otentik di Asahikawa ramen village.

Bermain ski

Di Hokkaido terdapat permukiman dengan pemandaan desa yang indah dan bersih, salah satunya Furano. Di sini, kamu bisa mengunjungi Furano Ski Area untuk mencoba berbagai macam aktivitas musim dingin, seperti ski, snowboard, dan snow mobile. Namun, jika ingin yang panas-panas, kamu bisa merasakan pemandian air panas tradisional (onsen) di Jozankei atau Muroran.

Kota zaman Edo

Jalan-jalan di Hokkaido kurang afdal bila kamu tak singgah di Noboribetsu. Di kota ini, kamu bisa bergabung dengan city tour untuk mengunjungi Date Jidaimura, yaitu theme park yang ditata seperti kota tua pada zaman Edo. Di dalamnya, kamu dapat melihat cara dan kehidupan masyarakat lokal, atraksi ninja, geisha, dan mencicipi makanan khas yang disajikan masyarakat setempat.

Baca juga: Istimewanya Wisata di Tiga Prefektur Jepang Ini

Benteng pertahanan

Selanjutnya, kamu dapat melangkah ke Hakodate port yang terkenal dengan kawasan perbelanjaan Red Brick Warehouse. Sesudahnya, kamu boleh menuju Goryukaku Park & Tower yang merupakan benteng pertahanan Jepang berbentuk bintang. Dilanjutkan “mendaki” ke Gunung Hakodate dengan menggunakan ropeway atau kereta gantung. Dari gunung ini, pemandangan kota Hakodate pada malam hari akan memberikan keindahan paling keren di Jepang.

 Pasar segar

Datangi juga Danau Toya. Pada pagi hari, di danau ini digelar pasar pagi yang menjadi salah satu pasar segar di Jepang. Kamu dapat mencicipi makanan lokal yang segar. Dapatkan pula pengalaman unik dengan mengunjungi Gunung Showa untuk datang ke bear ranch, tempat perkembangbiakan dan perlindungan beruang hokkaido.

Dari Jakarta atau Denpasar telah tersedia penerbangan langsung ke Jepang. Jadi, pelancong Indonesia semakin mudah pergi ke sana.

Tyas Ing Kalbu
penulis yang disayang Tuhan