Salah satu hal yang penting dipersiapkan sebelum berwisata adalah asuransi. Sayangnya, belum banyak yang menganggap hal ini penting. Bahkan, tidak sedikit yang langsung “alergi” begitu mendengar kata asuransi. Berikut ini lima hal yang patut Anda pertimbangkan tentang asuransi wisata.

Pertama, kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi pada masa depan. Asuransi memang tidak bisa menghindarkan Anda dari hal yang tidak diinginkan. Namun, jika itu terjadi, asuransi dapat membantu meringankan beban Anda.

Bayangkan, saat berada jauh di negeri orang, ternyata bagasi Anda hilang. Selain itu, Anda mengalami sakit atau kecelakaan sehingga harus dirawat di rumah sakit. Bukan hanya rencana liburan yang berantakan, Anda bisa terjebak kesulitan jika tidak memiliki dana yang memadai untuk menanggulangi hal-hal tersebut.

Asuransi akan melindungi Anda setidaknya atas kerugian finansial. Selain itu, tergantung pilihan dan fitur yang ditawarkan, asuransi juga dapat membantu atau menjamin hal-hal lain.

Baca juga: 6 Hal Penting yang Akan Sangat Bermanfaat Saat Berwisata

Oleh karena itu, hal kedua yang perlu dipertimbangkan adalah cakupan atau fitur yang ditanggung oleh asuransi. Pilihlah asuransi yang sesuai dengan kebutuhan, rencana perjalanan, dan tentu saja anggaran yang tersedia.

Sejumlah manfaat yang biasanya ditawarkan oleh asuransi wisata, antara lain, kerugian akibat pembatalan atau penundaan perjalanan, kehilangan atau bagasi yang datang tertunda, sakit hingga dirawat di negara lain, hingga kehilangan dokumen penting seperti paspor.

Pastikan Anda memahami semua manfaat yang ditawarkan sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk asuransi.

Ketiga, selain manfaat, tentu saja Anda harus mempertimbangkan perusahaan asuransi yang menawarkannya. Pastikan misalnya negara yang dituju termasuk dalam cakupan pelayanan asuransi yang Anda pilih serta kemudahan untuk akses dan menghubungi perusahaan asuransi tersebut.

Keempat, pastikan Anda telah membaca dan mengetahui semua cakupan manfaat maupun mekanisme mengajukan klaim. Jangan ragu untuk bertanya pada agen atau narahubung asuransi. Lebih baik Anda dianggap cerewet di awal ketimbang di kemudian ternyata ada hal-hal yang kurang jelas.

Baca juga: Siapkan Alas Kaki yang Tepat untuk Berwisata

Kelima, catat nomor-nomor kontak yang penting dan dokumen atau persyaratan yang dibutuhkan dan pastikan semuanya dibawa dan tersimpan di tempat yang aman. Anda tidak pernah tahu kapan akan membutuhkannya, sehingga pastikan semuanya dapat diakses dengan mudah dan cepat. Pada era serba digital, ide yang baik juga untuk membuat catatan atau salinan secara daring.

Akhirnya, asuransi hanya membantu untuk melindungi dan meringankan beban terhadap hal-hal yang tidak diinginkan. Tetaplah berhati-hati dan tidak mengambil risiko yang tidak perlu selama perjalanan.

Foto: Shutterstock.com

Leave a Response