Musim dingin tidak hanya identik dengan salju, tetapi juga terkenal dengan hidangan khas musim dingin yang lezat dan menghangatkan. Selain menghangatkan, menyantap kuliner lezat khas musim dingin bisa membuat keseluruhan pengalaman musim dingin Anda menjadi lebih menyenangkan dan mengesankan.

Setiap negara di berbagai belahan dunia memiliki hidangan lezat khas musim dingin yang bervariasi dan berbeda dari satu negara ke negara lainnya. Penasaran dengan hidangan khas musim dingin dari berbagai negara yang harus Anda coba? Mari simak informasinya di bawah ini.

1. Yosenabe, Jepang

FOTO-FOTO: SHUTTERSTOCK.COM

Nabe merupakan hidangan khas musim dingin yang cukup populer bagi rakyat Jepang. Makanan ini berupa hot pot yang dihidangkan di meja dengan sayur-mayur, seafood, daging, telur, hingga tofu. Yosenabe yang berarti “masukkan semuanya ke dalam panci” ini merupakan salah satu dari berbagai macam nabe yang sering disajikan sepanjang musim dingin di Jepang.

Menyeruput kuah hangat sambil menyantap sayur-mayur dan pilihan daging yang segar tidak hanya menghangatkan, tetapi juga menyehatkan tubuh sepanjang musim dingin Anda di Jepang.

2. Claypot, Hong Kong

Hong Kong merupakan salah satu destinasi yang terkenal dengan aneka kuliner lezatnya. Salah satunya, kuliner khas musim dingin yang merupakan nasi claypot (mangkuk tembikar). Hidangan ini berupa pot tanah liat yang diisi nasi, pilihan daging lunak (biasanya babi, ayam, atau belut), serta sayuran segar dilengkapi dengan pilihan saus, seperti kecap yang kemudian dimasak di atas arang panas.

Penggunaan claypot atau yang kita sebut mangkuk tembikar sendiri didasari pada kualitasnya yang memberikan panas merata pada hidangan. Saat membuka claypot, Anda akan mencium aroma nikmat yang luar biasa. Siap-siap dihangatkan oleh nasi panas dengan rasa daging yang meresap dan meleleh di lidah Anda.

3. Boeuf Bourguignon, Perancis

Boeuf bourguignon adalah hidangan khas musim dingin yang berasal dari Perancis. Hidangan ini merupakan daging sapi yang direbus dalam anggur merah dan ditambah dengan bawang putih, bawang bombai dan jamur. Sekilas hidangan ini tampak seperti rendang atau semur, tetapi rasanya sungguh berbeda dan jauh lebih mewah karena adanya campuran anggur merah dalam proses masaknya.

Menyantap boeuf bourguignon saat musim dingin adalah pilihan yang tepat karena kekayaan rasa hidangan ini dan lembutnya daging yang dipadu dengan aroma dan kehangatan dari anggur merah.

4. Pot Roast, Inggris

Pot roast adalah salah satu hidangan khas Amerika Serikat yang sering kali disantap pada saat musim dingin. Mirip dengan boeuf bourguignon yang merupakan sajian daging sapi yang direbus, pot roast tradisional juga dibuat dari potongan daging sapi. Namun, pot roast berbeda dikarenakan cara memasaknya daging sapi yang dibakar terlebih dahulu sebelum direbus dan tidak menggunakan anggur merah.

Pot roast terbuat dari kentang, daging sapi, wortel, jamur, bawang putih, daun timi, serta daun rosemary segar yang kemudian dimasukkan ke dalam slow cooker untuk waktu yang lama. Siap-siap jatuh cinta dengan hidangan yang memberikan rasa hangat yang “juara”.

Inilah empat hidangan khas musim dingin dari berbagai negara yang harus Anda coba. Bagi yang mengaku sebagai pencinta kuliner dan ingin mencoba hidangan khas di berbagai destinasi impian, segera bergegas ke Kompas Travel Fair, tempat Anda bisa #ExploreItYourWay di berbagai destinasi impian dengan promosi-promosi terbaik.