Aktivitas seperti snow boarding, skiing, atau membuat orang-orangan salju mungkin terdengar asing bagi masyarakat Indonesia. Tak heran jika banyak dari pelancong rela merogoh kocek yang besar untuk berlibur ke negara-negara bersalju untuk melakukan aktivitas-aktivitas salju ataupun sekadar menikmati panorama alam yang dibalut salju.

Bagi para pencinta salju, sudahkah Anda tahu destinasi mana saja yang cocok untuk dikunjungi demi menikmati atau bermain salju? Mari, simak tiga destinasi terbaik untuk musim dingin yang tidak ada duanya.

1. Shirakawa-go, Jepang

Desa Shirakawago terletak di Prefektur Gifu, Jepang. Desa tradisional di Jepang ini berhasil mengundang wisatawan mancanegara dengan kecantikannya yang memesona apalagi pada saat musim dingin. Keindahannya telah membuat desa ini mendapatkan pengakuan dari UNESCO dan masuk daftar UNESCO World Heritage pada tahun 1995.

Anda akan disuguhkan pemandangan rumah-rumah kayu tradisional yang dikenal dengan sebutan gassho-zukuri yang tertimbun salju putih nan cantik, salju yang menutup rumah rumah kayu ini menambah kesan ajaib dan membuat seakan desa ini berasal dari sebuah dongeng. Keajaiban desa ini semakin terpancar saat penyelenggaraan acara tahunan Shirakawago Light Up pada Januari dan Februari yang dihelat malam hari. Pada acara ini, rumah-rumah kayu tradisional akan menyalakan lampunya dari pukul 17.30 sampai 19.30, membuat seluruh desa menakjubkan.

Untuk melihat keindahan panorama desa ini secara keseluruhan dari atas ketinggian, Anda dapat mengunjungi Tenshukakau Observatory.

2. Lapland, Finlandia

Bagi pencinta musim dingin dan salju, Finlandia merupakan salah satu negara yang harus Anda kunjungi. Salah satu wilayah yang harus Anda kunjungi di Finlandia adalah Lapland yang terletak di daerah lingkar Arktik. Musim dingin di Lapland adalah musim favorit para wisatawan meskipun cuaca yang sangat dingin dikarenakan suguhan ragam aktivitas, fenomena alam, dan pemandangan yang uniknya.

Salah satu fenomena yang paling dinantikan wisatawan adalah menyaksikan Aurora Borealis. Aurora Borealis sendiri merupakan cahaya yang tampak seakan berdansa di atas langit yang terjadi karena adanya koalisi antara partikel bermuatan listrik yang terpantul dari matahari dan partikel gas bumi di atmosfer bumi. Di Finlandia, Aurora Borealis terlihat pada sekitar 200 malam setahun saat cuaca baik dan dapat dilihat mulai dari akhir bulan Agustus hingga April. Tempat yang paling bagus di Finlandia untuk menyaksikan Aurora Borealis adalah dari Lapland Utara di daerah Rovaniemi yang disebut sebagai tempat lahir Sinterklas atau Kakslauttanen.

Jika bertandang ke Rovaniemi, Lapland Utara, jangan lupa singgah di Santa Claus Village. Di sini, Anda akan disuguhi pilihan aktivitas menarik, seperti bermain snowmobile, bertualang dengan anjing husky yang lucu, menaiki kereta luncur rusa Sinterklas, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa merasakan sensasi beristirahat yang berbeda dengan beristirahat di hotel berbentuk iglo yang terbuat dari es dan salju.

3. Aspen, Colorado, Amerika Serikat

Foto-foto: Shutterstock.com

Keagungan dan keindahan Gunung Aspen berhasil memikat wisatawan apalagi saat musim dingin tiba. Waktu terbaik untuk mengunjungi Aspen adalah bulan Januari karena adanya festival tahunan Winterskol yang mencakup lomba masak, peragaan busana khusus anjing, winter fest, patung salju, lomba sepeda, kembang api, karya pahatan salju, kembang api, api unggun, pemutaran film bersama, dan masih banyak aktivitas seru lainnya.

Selain menikmati diri di festival tahunan Winterskol, Anda bisa bermain ski, snowboarding, kereta salju, dan aktivitas seru musim dingin lainnya.

Inilah tiga destinasi terbaik untuk menikmati musim dingin dan bermain salju. Masih banyak destinasi musim dingin lainnya di Kompas Travel Fair 2019. Di sini, Anda akan disuguhi berbagai pilihan maskapai, paket wisata, serta aktivitas yang bisa disesuaikan dengan liburan impian. #ExploreItYourWay dan wujudkan liburan impian Anda bersama Kompas Travel Fair 2019!