Italia menjadi salah satu negara yang terkenal akan keindahan peninggalan sejarahnya yang memukau dan masih terjaga hingga kini. Hal ini membuatnya menjadi daya tarik pariwisata terbesar bagi Italia.

Oleh karena itu, pelestarian dan restorasi menjadi hal utama yang dijalankan pemerintah Italia dalam menjaga cagar budaya yang mereka miliki. Secara administratif, Italia memiliki 20 wilayah regional yang masing-masing memiliki karakteristik tersendiri. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

Reruntuhan Pompeii

Meletusnya Gunung Vesuvius pada 79 Masehi atau 2.000 tahun silam telah mengubur seluruh wilayah Pompeii, Italia. Sejak 1748, para ahli arkeologi telah mencoba mencari sisa-sisa dari kota peristirahatan warga Romawi kuno ini. Sebanyak 2 juta wisatawan tiap tahun mendatangi situs kota kuno Pompeii.

Pompeii berada di sebelah tenggara Napoli, Italia. Bersama beberapa kota lainnya, letak Pompeii berada di kaki Gunung Vesuvius dan merupakan daerah yang dekat dengan pantai. Pompeii dibangun pada abad ke-6 SM oleh penduduk Romawi Kuno. Reruntuhan kota kuno ini pun telah menjadi salah satu Situs Warisan Dunia Unesco.

Matera

Matera adalah kota terbesar kedua di wilayah Basilicata, selatan Italia. Matera telah masuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 1993. Sementara itu, kota ini telah dihuni sejak 8.000 tahun sebelum Masehi.

Tak berbeda jauh dengan Pompeii, sejarah kota ini juga kelam. Buku berjudul Christ Stopped at Eboli yang terbit 1935, menggambarkan kondisi kehidupan di Matera yang menyedihkan.

Sama seperti sejarahnya, terdapat daftar obyek wisata di Matera juga sama panjangnya, mulai dari museum, gereja, sampai waduk air tua yang dibangun serupa sassi.

Amalfi Coast

Amalfi Coast merupakan garis pantai yang membentang sepanjang hampir 50 kilometer di Laut Mediterania. Di sekitarnya terdapat kota-kota cantik dengan tata kota unik nan cantik yang diperkirakan sudah ada sejak abad pertengahan. Pada 1997, UNESCO menobatkan wilayah ini sebagai Situs Warisan Dunia karena keindahan alam, arsitektur, topografi, dan budaya yang sejak abad pertengahan serta menjadi contoh gambaran lanskap Mediterania yang hangat dan memikat hati siapa pun.

Salah satu kota di Amalfi Coast yang menjadi primadona para pelancong adalah Ravello. Ini merupakan kota kecil yang terletak di bagian tengah Amalfi Coast. Di Ravello terdapat dua vila yang sangat terkenal dan selalu ramai pengunjung, yaitu Vila Rufolo dan Vila Cimbrone.

Vila Rufolo berdiri sejak 1270 yang dikelilingi perkebunan, sebuah kapel, menara Torre Maggiore setinggi 30 meter, dan menjadi tempat diselenggarakannya Festival Musik Ravello (yang tertua di Italia) setiap tahun pada musim panas. Sementara itu, Vila Cimbrone berfungsi sebagai hotel, juga memiliki kebun bunga, gazebo, dan balkon terbuka yang dijuluki “Terrazzo dell’lnfinito” atau “the Terrace of Infinity” karena posisinya menghadap ke laut.

Keistimewaan Italia ini layak untuk dinikmati bersama keluarga dan orang-orang terkasih lainnya. Siapkan petualangan Anda ke Italia dari sekarang agar perjalanan dapat terasa lebih nyaman dan aman. Memilih perjalanan bersama biro perjalanan pun dapat menjadi pilihan tepat untuk mendapatkan hal tersebut. Bersama ATS Vacations, misalnya, dapat menjadi biro perjalanan yang tepat untuk menemani momen wisata impian Anda.

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 4 Juli 2019.