Sebagai salah satu kota suci, Jerusalem tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan untuk berwisata rohani. Kota yang dikelilingi pagar dan sejumlah situs suci ini menjadi salah satu tujuan utama wisatawan dari kalangan Islam, Kristen, dan Yahudi.

Berikut ini rekomendasi destinasi wisata rohani yang terdapat di Jerusalem dan sekitarnya. Dirangkum dari perjalanan Kompas Klasika ke sana, beberapa waktu lalu.

Masjid Al-Aqsa

Masjid Al-Aqsa menjadi salah satu masjid paling suci bagi umat Muslim. Setiap ruas dindingnya masih menyimpan cerita saat Nabi Muhammad dalam perjalanan Isra Mi’raj.

Masjid Umar (Omar)

Masjid Umar Jerusalem (FOTO-FOTO IKLAN KOMPAS/TYAS ING KALBU).

Mengutip laman Wikipedia.org, Masjid Umar dibangun pada masa kekuasaan Dinasti Ayyubiyah pada abad ke-12 untuk mengenang pengambilalihan Jerusalem oleh Khalifah Umar bin Khaththab. Letak masjid ini berada di sebelah selatan Gereja Makam Kudus, Jerusalem.

Bukit Zaitun

Nama perbukitan ini berasal dari sekitar lerengnya yang terdapat perkebunan zaitun. Perbukitan ini berada di timur Kota Jerusalem dan mempunyai 3 puncak yang terbentang dari utara ke selatan. Puncak tertingginya bernama At-Tur yang mencapai 818 meter.

Danau Galilea

Kapal kayu di Danau Galilea.

Danau ini juga disebut sebagai Danau Tiberias. Ini merupakan danau air tawar yang luasnya mencapai 166 kilometer persegi. Bagi umat Kristiani, danau ini menjadi lokasi peristiwa iman tatkala Yesus berjalan di atas air. Di sini, wisatawan juga bisa menumpang perahu kayu untuk sejenak menikmati suasana danau.

Laut Mati

Sebenarnya ini adalah danau dengan kadar garam yang sangat tinggi, lebih dari 33 persen. Laut Mati terletak sekitar 400 meter di bawah permukaan laut. Dengan kadar garam yang begitu tinggi, kita tidak tenggelam sekalipun tidak bisa berenang. Namun, ingat, air dengan kadar garam tinggi akan terasa sangat pedih jika mengenai mata.

Tyas Ing Kalbu
penulis yang disayang Tuhan

Leave a Response