Pesona wisata negara-negara di kawasan mediterania dan sekitarnya memang mulai naik daun. Sebut saja Siprus, Malta, atau Tunisia. Nama yang terakhir memang jarang dijadikan pilihan, tetapi negara yang berada di Benua Afrika ini mulai terkenal.

Tiga negara tadi mulai dilirik banyak pelancong, khususnya Indonesia, sebab menawarkan pengalaman wisata yang berbeda. Selain itu, destinasi yang ditawarkan pun sangat eksotis karena berstatus sebagai peninggalan peradaban dunia.

Kartago

Kartago bisa dikatakan sebagai kota yang paling terkenal di dunia dari Tunisia sejak era Romawi. Kota ini pernah jadi salah satu kota termegah pada masa lampau, bahkan terbesar pada masa pra-industri. Bahkan, kota ini pernah hampir mengalahkan Roma yang perkasa kala itu. Pasalnya, kota ini pernah menjadi yang terkaya di Mediterania dan mempunyai ratusan dermaga. Tak heran, Kartago punya teluk dengan pemandangan yang indah.

Bekas kejayaan Kartago ini masih terlihat hingga sekarang di reruntuhan kota kuno sekaligus situs arkeologi yang terkenal di dunia. Situs arkeologi ini sekarang juga menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan. Peninggalan terpenting dari situs ini adalah sebuah teater di wilayah perbukitan Odeon yang dibangun pada masa Kaisar Romawi Hadrian.

Valletta

Valletta adalah sebuah kota yang wajib dieksplorasi saat berkunjung ke Malta. Kota ini dibangun oleh seorang pejuang sekaligus bangsawan terkenal pada abad ke-16. Valletta tumbuh jadi kota yang makmur dan menawan. Popularitas Valletta sendiri juga mulai meningkat di kalangan wisatawan.

Valletta memiliki beberapa tempat yang menarik, antara lain Upper Baraca Garden, Grand Harbour, Valletta Waterfront, dan St John’s Co Catedral. Dari Valletta, Anda juga bisa menyeberang sejenak menuju Birgu, kota benteng dengan pemandangan senja yang cantik, menggunakan perahu nelayan. Pesona lain dari Malta adalah Blue Grotto. Memiliki kesamaan nama dengan yang ada di Italia, Blue Grotto di Malta siap memanjakan mata wisatawan yang bertandang.

Limassol dan Paphos

Dua kota ini merupakan yang favorit bagi pelancong saat berwisata ke Siprus. Kedua kota ini naik daun lantaran pantainya yang indah dan memiliki banyak peninggalan sejarah kuno. Apalagi ada cerita bahwa kelahiran Dewi Aphrodite berada di antara Limassol dan Paphos.

Limassol memiliki banyak destinasi, seperti kawasan kota kua. Di sini ada kastil yang dibangun pada abad ke-14 dan Katedral Limassol dengan fasad Baroque yang mengagumkan. Sementara itu, Paphos punya destinasi yang tak kalah indah, antara lain Tombs of the Kings dan Church of Panayia Chrysopolitissa.

Nikmati kemudahan berwisata ke tiga negara ini bersama ATS Vacations. Biro perjalanan ini menyajikan paket wisata yang lengkap dan sukar ditemukan di biro perjalanan lainnya. Petualangan wisata Anda akan semakin berbeda bersama ATS Vacations.

Foto: Shutterstock.com

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 11 Juli 2019.

Leave a Response