Inggris dan Skotlandia punya sejarah panjang yang mengesankan. Walaupun berdekatan, keduanya punya budaya yang berbeda. Inilah yang membuat kedua negara tersebut menarik dikunjungi.

Tak hanya cerita sejarah yang menarik untuk dieksplorasi saat berkunjung ke sini. Bangunan, budaya, dan keindahan kota di Inggris dan Skotlandia jelas akan memberikan pengalaman wisata yang berkesan.

Stadion Old Trafford

Kota ini merupakan kota kedua terbesar di Inggris. Bisa dikatakan popularitas kota ini semakin terkenal dengan rivalitas klub sepak bolanya, yaitu Manchester United dan Manchester City. Jika berkunjung ke sini, Anda harus mencoba menyambangi stadion Old Trafford, stadion legendaris dan bersejarah milik klub sepak bola Manchester United.

Berfoto di depannya sudah pasti akan membuat media sosial Anda riuh, terutama bagi para penggemar Manchester United. Jika berkunjung ke sini, lebih baik di luar jadwal pertandingan agar bisa masuk.

Bicester Village

Gemar berbelanja saat berwisata? Jangan melewatkan kesempatan untuk menyambangi Bicester Village. Di sini, turis banyak sekali berbelanja. Walau namanya “village”, Bicester bukan desa. Bicester merupakan kawasan yang memiliki jajaran gedung pertokoan. Jika suka berbelanja, jelajahi saja dengan berjalan kaki.

Ada ratusan toko di sana, mulai dari merek lokal Inggris sampai merek internasional. Banyak toko yang menawarkan diskon yang cukup besar atau penawaran pengembalian tax refund jika berbelanja dalam jumlah banyak. Lupa menukarkan uang ke poundsterling? Jangan khawatir sebab di sini banyak tempat penukaran uang.

Danau Loch Ness

Jika menyambangi Skotlandia, jangan lupa untuk mampir sejenak untuk melihat salah satu danau paling terkenal di dunia, yaitu Danau Loch Ness. Danau ini terkenal karena cerita monster Loch Ness yang menyerupai dinosaurus dikabarkan mendiami danau ini. Cerita inilah yang menarik banyak ribuan wisatawan dari berbagai penjuru dunia.

Danau ini berada di dataran tinggi Skotlandia dengan lebar mencapai 2 kilometer dan bagian terdalamnya mencapai 230 meter. Namun, selain cerita monster, danau ini punya pemandangan yang indah. Dari sini, Anda juga bisa berkunjung ke Urquhart Castle sebelum menuju ke Inverness.

Dr Jekyll dan Mr Hyde

Berbeda dengan Glasgow yang identik dengan gaya hidup modern dan sibuk, ibu kota Skotlandia, Edinburgh, justru menampilkan citra kota tua dan pendidikan. Walaupun demikian, kota ini sangat cantik. Tak heran, kota ini dijuluki “Prince of Cities”.

Anda bisa melakukan city tour melewati Prince Street. Anda bisa melihat bahwa hampir semua bangunan di Edinburgh mengusung model victorian dengan usia bangunan yang sudah berabad-abad. Berkunjung ke Edinburgh, kunjungi juga The Royal Mile yang terkenal dengan cerita rakyat Dr Jekyll dan Mr Hyde. Anda bisa berfoto juga di depan Edinburgh Castle yang sangat indah arsitekturnya.

Semua tempat ini bisa dikunjungi bersama keluarga dan orang-orang spesial. Pilihlah perjalanan dengan biro perjalanan yang berpengalaman, terutama ke Inggris dan Skotlandia. Salah satunya bersama Golden Rama Tours & Travel.

Foto: Shutterstock.com

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 11 Juli 2019.

Leave a Response