Ayo, jalan-jalan ke Eropa. Di sana, ada begitu banyak destinasi alam dan buatan manusia yang amat memukau. Kalau beberapa waktu lalu travel.kompas.id sudah mengangkat Perancis, kini kita akan sejenak menengok Austria.

Austria memeram keindahan yang begitu mendunia. Gunung dan danau yang terhampar di negeri itu mampu membuat setiap wisatawan terpukau. Kota dan desanya tak ketinggalan menyajikan langgam-langgam arsitektur yang cantik. Banyak properti kuno yang masih terawat dan terlihat megah hingga kini.

Destinasi pertama yang patut dikunjungi adalah Vienna. Berikut ini keindahan-keindahan yang boleh dicicipi.

1. Vienna

Kota Vienna tampak dirancang untuk memudahkan warganya berjalan kaki. Mereka sejak dulu memang dikenal gemar berjalan kaki, baik di jalan protokol, hutan wisata, maupun taman kota. Itu sebabnya, obyek-obyek wisata di kota ini didesain untuk menunjang aktivitas jalan kaki.

Karena sebagian besar warga Vienna senang berjalan kaki, kota ini pun boleh dibilang bebas dari polusi asap kendaraan. Orang Vienna amat menghargai kehidupan yang tenang dan menyenangkan (gemutlichkeit). Lumrah jadinya bila kedai-kedai kopi di kota ini selalu menjadi tujuan warga untuk bercengkerama, tetapi tetap dengan suasana yang tenang.

2. Schloss Schonbrunn

Schloss Schonbrunn atau Istana Schonbrunn berdiri di area perbukitan barat daya Vienna. Arsitekturnya bergaya Rococo yang didesain oleh Fischer Von Erlach. Pembangunan istana ini selesai pada 1713 yang kemudian menjadi tempat tinggal musim panas keluarga kerajaan.

Istana ini memiliki ruangan yang mencapai 1.441 kamar. Namun, hanya 45 kamar saja yang boleh dikunjungi wisatawan. Dari teras istana ini, kita bisa memandang panorama sungai dan kota yang amat indah. Pada 1996, istana ini didaftarkan sebagai situs warisan dunia UNESCO.

Baca juga: Liburan ke Eropa Barat

3. The Hoffburg

Ada lagi istana yang tak kalah elok, yakni The Hoffburg. Sejak abad ke-13 hingga ke-19, istana ini selalu mengalami penambahan luas bangunannya. Di dalamnya, terdapat apartemen negara yang digunakan oleh Presiden Austria untuk menggelar resepsi kenegaraan.

Selain itu, terdapat juga bangunan Kanselir Federal Austria dan Osterreichische Nationalbibliothek (ONB) atau Perpustakaan Nasional Austria. Istana ini dirancang oleh Joseph Fischer von Erlach dan putranya, Johann, pada awal tahun 1700.

4. Staatsoper

Ini adalah gedung opera di Vienna dan menjadi salah satu spot yang wajib dikunjungi. Gedung opera megah ini mulai dibangun pada 1810 dan mulai digunakan untuk pementasan seni pada 25 Mei 1869. Kapasitasnya mencapai 2.200 orang.

Baca juga: Eropa, Bertabur Ikon Kota dan Lanskap Alam

5. Stephansdom

Berikutnya adalah Stephansdom atau Katedral Saint Stephen. Gedung megah ini adalah gereja berlanggam arsitektur Gothik. Lokasinya ada di pusat kota. Katedral Saint Stephen terkenal akan menara bagian selatan yang menjadi titik tertinggi katedral. Bangunan elok ini didirikan pada tahun 1368 hingga 1433.

Melancong ke Eropa memang butuh banyak biaya. Oleh sebab itu, rencanakan perjalanan jauh-jauh hari, dengan menabung terlebih dulu.

Foto: Shutterstock.com