Selepas menghabiskan waktu di Filipina rasanya belum afdal jika pulang tak membawa oleh-oleh. Ada beragam buah tangan yang bisa kita beli di sana, mulai dari camilan hingga kerajinan tangan. Berikut ini di antaranya.

Permen

Yang biasa dibeli turis adalah permen. Di Filipina, ada permen yang cukup digemari, di antaranya cokelat dan polvoron. Ini bisa menjadi oleh-oleh yang ringan dibawa dan mudah dibagi-bagi untuk teman-teman di kantor.

Manisan mangga

Selain permen, ada manisan mangga. Penjualnya ada di berbagai tempat di Manila. Manisan mangga ini juga banyak yang dijajakan dalam rupa kering sehingga lebih awet sebagai oleh-oleh. Harganya pun terjangkau untuk setiap 100 gramnya.

Teh

Nah, kalau kita termasuk penggemar teh, jangan lupa untuk membeli teh khas Filipina. Teh Filipina dianggap memiliki khasiat untuk meringankan gejala pilek dan batuk. Minuman ini bisa dibeli di kawasan Kultura Filipino, Manila, dengan harga terjangkau.

“Banig” dan The Barrel Man

Untuk yang senang main di pantai, suvenir ini jangan sampai Anda tidak punya, yaitu banig. Ini adalah tikar yang terbuat dari anyaman daun kelapa. Ada juga suvenir The Barrel Man yang berupa karakter pria di dalam tong kayu. Saat tong ini kita angkat, akan ada sedikit kejutan. Ini bagian dari seni dan lelucon ala Filipina.[*]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 19 September 2019.