Perjalanan menyusuri belahan Bumi yang paling utara tidak hanya unik karena iklimnya sangat berbeda dengan negara khatulistiwa seperti Indonesia, tetapi juga menyajikan budaya dan suasana yang khas dan memesona.

Negara Beruang Merah, Rusia, menjadi pintu gerbang untuk menjelajahi negara-negara di bagian paling utara bola dunia ini. Anda dapat masuk melalui Moskwa, ibu kota Rusia. Kota ini memiliki moda transportasi Metro Subway yang terkenal dengan gaya arsitektur dan lukisan yang unik. Dalam perjalanan keliling kota, sempatkan untuk melihat Christ The Savior Church, salah satu Gereja Orthodoks terbesar di Moskwa.

Belum afdal bertandang ke ibu kota Rusia ini jika belum melihat sejumlah ikonnya, antara lain Red Square, Mausoleum Lenin, Katedral St Basil yang puncak menara-menara warna-warni, serta Kremlin yang merupakan pusat pemerintahan. Jangan lupa pula menyimak Bell Tower of Ivan The Great yang dibangun pada 1508 serta Tsar Bell yang terkenal dengan lonceng terbesar dan terberat. Jika memungkinkan, saksikan pula Sirkus Rusia yang terkenal itu.

Destinasi berikutnya adalah St Petersburg, atau dulunya dikenal sebagai Leningrad. Kota pelabuhan di Laut Baltik ini selama dua abad menjadi ibu kota Rusia. Ikuti tur keliling kota untuk mengunjungi Katedral St Isaac yang dibuat oleh Tsar Alexander I, Istana Petrodvorets atau Peterhof (Grand Palace), bekas istana musim panas kaisar Rusia dengan tamannya yang luas dan indah, serta Museum Hermitage, bekas istana musim dingin Tsar Rusia. Tempat ini sekarang menjadi museum seni lukis terbesar di dunia, dengan koleksi lukisan seniman-seniman kenamaan.

Sesuai namanya, St Petersburg dibangun oleh Peter the Great. Jangan lewatkan kesempatan untuk melihat patung perunggu tokoh kenamaan ini. Sempatkan juga melihat Gereja St Nicholas Church dan Katedral Trinity.

Skandinavia

Usai sudah perjalanan di Rusia. Dari St Peters­burg, lanjutkan perjalanan dengan kereta menuju Helsinki, ibu kota Finlandia. Di kota ini, Anda dapat mengunjungi Gereja Tempelliauko, Lapangan Senate, The Cathedral, Market Square, Parliament House, dan City hall.

Destinasi berikutnya adalah Swedia. Anda dapat mencapai Stockholm, ibu kota Swedia, menggunakan kapal pesiar. Ikuti tur keliling kota Stockholm mengunjungi Stockholm City Hall yang merupakan tempat penyelenggaraan gala dinner penyerahan hadiah Nobel. Simak pula berikutnya Museum Vasa Ship yang unik, lalu kunjungi Gamla Stan yang merupakan Old Town yang sering dijuluki “kota di antara jembatan”, dan Royal Palace. Selagi di Stockholm, sempatkan berfoto dengan latar belakang panorama kota Stockholm dan Danau Malaren yang indah.

Lanjutkan perjalanan menuju Norwegia, tepatnya Hamar, dengan perjalanan darat melewati Karlstad. Norwegia dikenal dengan pemandangan fyord yang menawan. Destinasi berikutnya adalah Gairanger, kota pelabuhan di Norwegia. Untuk mencapai Gairanger, Anda akan melalui Lom, kota yang terkenal dengan Gereja Stave yang dibangun pada abad ke-12, dan Dalsnibba, kota dengan pemandangan alam dan danau yang amat indah. Sepanjang perjalanan Anda dapat menikmati pemandangan air terjun, danau, dan gunung salju.

Berikutnya, Anda berkesempatan menyimak keindahan fyord dari atas kapal feri. Destinasi berikutnya adalah Bricksdalbre untuk melihat air terjun dan geyser. Pengalaman menarik masih menanti karena berikutnya lagi Anda akan menaiki Panoramic Train menikmati indahnya pemandangan alam Norwegia.

Destinasi berikutnya adalah Oslo, ibu kota Norwegia. Ikuti tur keliling kota mengunjungi Vigeland Sculpture Park, Oslo City Hall, Oslo Parliament House, dan Royale Palace. Kemudian, lanjutkan perjalanan menuju Copenhagen di Denmark dengan menggunakan kapal cruise.

Denmark yang menjadi kota terakhir petuala­ngan di negara-negara Skandinavia ini. Anda dapat mengunjungi patung ikan duyung Little Mer­maid yang merupakan ikon kota, mengunjungi Frederiksborg Castle dan melewati Christianborg Palace/Parliament House, Copenhagen City Hall dengan Tower Clocknya dan patung Hans Christian Andersen, penulis dan penyair asal Denmark yang terkenal.

Nah, jika ingin menjelajah Rusia dan Skandinavia seperti rute perjalanan ini, Anda dapat menghubu­ngi ATS Vacations. [*]

Foto: Shutterstock.com

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 28 Februari 2019.