Pengalaman berwisata jangan sampai mengecewakan. Salah satunya dapat dimulai dengan mempersiapkan hal kecil tetapi sangat penting, yaitu alas kaki. Tips berikut ini dapat menjadi panduan membawa alas kaki yang tepat sesuai kebutuhan saat berwisata.

Hal pertama yang sering dilakukan adalah membawa dua pasang alas kaki: sandal dan sepatu. Satu pasang sandal yang nyaman untuk berjalan kaki, satu lagi untuk berjaga-jaga jika harus mendatangi acara formal. Namun, jika dua kegunaan ini dapat ditemukan dalam satu alas kaki, hal ini tentu dapat meringkaskan bawaan tanpa mengurangi nilai kegunaannya. Misalnya, untuk perempuan biasanya dapat membawa flat shoes. Sepatu slip on juga bisa jadi pilihan untuk perempuan dan laki-laki.

Kedua, meski terdapat pilihan satu alas kaki yang multifungsi, sebaiknya juga menyesuaikannya dengan acara selama wisata berlangsung atau jenis wisata yang dilakukan. Jika akan banyak melakukan kegiatan di luar ruangan, pilih sepatu wisata yang nyaman, ringan, berkualitas baik, dan waterproof. Untuk aktivitas luar ruang juga, perhatikan apakah di pantai, gunung, atau menelusuri hutan.

Sandal gunung, sepatu gunung, dan boots cocok digunakan untuk aktivitas yang berhubungan dengan tracking dan hiking. Catatan dalam memilih sepatu gunung adalah sepatu ini didesain untuk mendukung penggunanya membawa barang bawaan yang berat sehingga sepatu gunung sangat tepat untuk melewati medan terjal.

Meski tujuan utamanya untuk memberi perlindungan pada kaki, sepatu gunung atau sepatu hiking juga memiliki versi yang ringan dan nyaman. Sebaiknya jangan mendadak membeli sepatu gunung karena perlu waktu penyesuaian pada kaki sebelum menerjang medan berbatu. Agar lebih nyaman, pastikan sepatu gunung yang Anda beli sedikit lebih longgar dan dari ukuran kaki.

Sementara itu, sandal jepit cocok untuk berwisata pantai ataupun sekadar menikmati jalan-jalan ringan di dalam kota. Pilihlah sandal jepit berbahan karet karena memiliki ketahanan yang lebih lama. Enaknya lagi, menggunakan sandal jepit dapat membuat kaki tidak terasa lembab.

Selain itu, ada juga sneakers yang fleksibel penggunaannya. Sepatu ini sangat nyaman untuk digunakan berjalan di jalanan rata dan tidak terlalu membebani kaki. Selain nyaman, sneakers dapat menunjang penampilan agar lebih stylish. Apa pun gaya berpakaiannya, cocok menggunakan sepatu jenis ini. Kunci dalam memilih sneakers adalah yang bisa memberikan kestabilan dan kenyamanan saat digunakan berjalan untuk waktu yang lama.

Apa pun gaya berwisatanya, usahakan jangan memilih alas kaki hanya karena terlihat lucu, keren, atau mahal. Yang utama adalah kenyamanan kaki agar perjalanan berlibur terasa makin menyenangkan.

Foto: Shutterstock.com

Tags : Tips Wisata

Leave a Response