Traveling menjadi salah satu hobi para millennials. Apalagi dengan maraknya aplikasi pendukung, mulai dari pemesanan tiket dan hotel, merancang jadwal perjalanan, hingga peta untuk navigasi di perjalanan, traveling kini dapat dilakukan dengan mudah secara mandiri.

Namun, ada kalanya Anda tidak mau dipusingkan oleh berbagai perintilan demikian. Jika ini yang Anda inginkan, manfaatkan jasa biro perjalanan wisata atau travel agent. Anda cukup menentukan destinasi dan tanggal keberangkatan, selebihnya akan diurus oleh travel agent. Bahkan, Anda juga bisa meminta rekomendasi semua yang terbaik dari travel agent.

Baca juga: Masih Khawatir Mau Liburan? Inilah 5 Tips Terbaik saat Jalan-Jalan

Meski demikian, untuk memastikan kenyamanan liburan, berikut sejumlah hal yang tetap harus Anda pertimbangkan saat memilih dan memanfaatkan jasa travel agent.

  • Cari tahu reputasi travel agent. Jangan mudah tergoda oleh harga murah yang ditawarkan. Teliti dulu penawaran sehingga tidak kecewa di kemudian hari.
  • Untuk kenyamanan, pilih travel agent yang memiliki layanan interaktif secara online baik berupa chatting maupun mudah dihubungi via telepon.
  • Jangan lupa menanyakan apakah paket perjalanan sudah mencakup asuransi karena Anda tak pernah tahu apa yang akan terjadi. Asuransi akan meringankan beban dengan menjamin hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Bandingkan paket-paket tur yang sejenis sehingga Anda dapat memilih tour terbaik dengan value for money
  • Sebaiknya memilih saat berlibur pada saat low season. Sebab, pada musim ini, agen perjalanan menawarkan paket berlibur yang sama, tetapi dengan harga yang jauh lebih murah.
  • Jika ternyata harus bepergian saat high season, sebaiknya memesan tiket perjalanan dari jauh-jauh hari.
  • Carilah teman perjalanan yang sesuai. Meski Anda tidak dapat memilih langsung teman perjalanan, Anda dapat “menyaringnya” berdasarkan spesialisasi travel agent. Spesialisasi ini memang tidak secara formal tetapi pada faktanya setiap biro perjalanan memiliki spesialisasi berdasarkan destinasi dan pelayanannya.

Jadi, tunggu apalagi? Bersama atau sendiri, rencanakan liburan yang penuh kesan mulai hari ini bersama travel agent pilihan Anda. [*]

Foto: Shutterstock.com

Leave a Response