Taiwan terletak di kawasan gugusan gunung berapi yang mengelilingi Samudera Pasifik. Hasil­nya, negeri berjuluk “Naga Kecil” ini memiliki sum­ber air panas mineral (hot spring) yang melimpah.

Berendam di hot spring menjadi salah satu atraksi wisata menarik bila kita berkunjung ke Taiwan. Dari utara ke selatan, dari pesisir ke pegunungan, terdapat mata air panas dengan “pengaturan” alam yang indah.

Otoritas pariwisata Taiwan pernah membuat daftar lokasi hot spring terbaik di negera itu. Daftar ini telah terkurasi karena berdasarkan survei dan dilengkapi evaluasi oleh tim pakar. Beberapa lokasi hot spring yang direkomendasikan, antara lain Zhiben (Taitung County), Guguan (Taichung City), Ruisui (Taitung County), dan Baolai (Kaohsiung City).

Namun, sebelum melepas lelah dengan beren­dam air panas alami, kita bisa jalan-jalan dulu di Taipei, ibu kota Tiwan. Di kota ini, kita bisa mengunjungi Chiang Kai Sek Memorial Hall yang merupakan tempat khusus untuk mengenang Chiang Kai Sek, sang pendiri negara Taiwan. Kita juga bisa menyaksikan kemegahan istana presiden dan berbelanja di Handicraft Center yang merupakan pusat perbelanjaan khas Taipei.

Kemudian, kunjungi pula kota Hualien dan saksikan keindahan dari Taroko Gorges yang terkenal sebagai Grand Canyon dari Asia. Panjangnya mencapai 19 kilometer dengan “ornamen” bukit, goa, dan lembahnya.

Baca juga: Paket Wisata Menarik ke Taiwan

Keindahan alam lainnya juga dapat kita temu­kan di Taiwan. Coba kunjungi Alishan, sebuah kawasan yang memilki berbagai keindahan alam. Alishan terkenal dengan pegunungan, desa tradi­sional, air terjun alami, perkebunan teh, dan track hiking. Kita dapat menikmati keindahan dari Sister Ponds, Brother Trees, dan Trees of Three Generation yang terkenal.

Sempatkan juga datang di Sun Moon Lake di Taichung dan berkeliling danau indah menggunakan kapal pesiar. Di Sun Moon Lake, kita bisa mampir di Wen Wu Temple dan Tsao Village untuk melihat aktivitas warga setempat yang bermukim di sekeliling danau.

Selanjutnya, kunjungi patung Buddha Fo Kuang Shan yang memiliki tinggi 25 meter. Patung ini berada di kota Kaohsiung. Kota ini juga terkenal dengan pasar malamnya, Leo Ho Night Market.

Pasar malam

Ada satu pasar malam yang paling terkenal di Taiwan. Namanya, Shilin. Area ini mendapat gelar sebagai “Rajanya Pasar Malam”. Shilin jadi magnet terkuat bagi wisatawan di Taipei. Ratusan kios makanan tersebar seantero pasar, menghadirkan keramaian hingga dini hari.

Berdiri sejak 1915, Shilin menjadi pusat jajanan street food di Taipei dengan berjejernya kedai yang menjajakan beragam street food lokal Taiwan. Di pasar ini, wisatawan seakan menyatu dengan warga setempat melalui kelezatan kulinernya. Selain camilan dan street food, dijual beragam produk cenderamata dan fashion dengan harga bersahabat, bahkan masih bisa ditawar.

Atmosfer pasar malam Shilin yang hangat menjadikan pasar ini selalu dijadikan tempat berkumpul, baik bagi penduduk Taipei maupun wisatawan. Mengutip Lonely Planet edisi Taiwan, pasar malam Shilin adalah destinasi wisata dan kuliner yang tak boleh terlewatkan.

Baca juga: Jelajahi Keindahan Musim Semi di Berbagai Negara

Segala keindahan dan keceriaan berlibur di Taiwan bisa dinikmati bersama agen wisata berpengalaman. Yaitu Golden Rama Tours & Travel yang telah menyiapkan paket jalan-jalan menarik ke sana. [*]

Foto: Shutterstock.com

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 21 Maret 2019.