Los Angeles (LA) menjadi salah satu destinasi wisata populer di Amerika Serikat. Namun, karena letaknya yang cukup jauh, menjadi wajar jika untuk jalan-jalan ke sana memerlukan biaya yang tak sedikit.

Oleh sebab itu, jika memang berniat melancong ke sana, buatlah persiapan jauh-jauh hari. Termasuk menghitung secara detail berapa rupiah—yang kemudian dikonversi ke dollar AS—yang akan kita alokasikan selama berlibur. Selain itu, kita bisa meramu daftar kota lain di sekitar LA untuk dikunjungi.

Berikut ini beberapa hal yang bisa kita pertimbangkan jika berencana terbang ke LA versi Travel.kompas.id.

1. Pilih jalur utara

Jika peta dunia dihamparkan, LA kira-kira berada di sebelah barat benua Amerika. Oleh sebab itu, bila berangkat dari Jakarta, usahakan memilih maskapai penerbangan yang melalui rute ke utara dengan transit di Hongkong, Taipe, atau Tokyo. Rute utara ini memakan waktu penerbangan lebih pendek dibanding rute yang transit di Timur Tengah. Melalui rute utara, penerbangan ke LA memerlukan waktu sekitar 20 jam. Sedangkan jika memilih rute Timur Tengah bisa mencapai 27 jam.

Selain itu, pilihlah maskapai yang reputasinya oke. Sebab, penerbangan selama itu, apalagi duduk di kelas ekonomi, akan cukup melelahkan. Maskapai yang oke biasanya memiliki konfigurasi kursi ekonomi yang tetap nyaman. Di samping itu, hiburan dan makanan yang disajikan selama perjalanan juga berkualitas.

2. Wisata pantai bukan salju

Pelancong yang pergi ke LA biasanya ingin menikmati keindahan hamparan pantainya. Ingat, salju tidak turun di LA meski kawasan ini juga mengalami empat musim. Pantai Santa Monica menjadi salah satu destinasi yang wajib dihampiri. Pasir putih dan perairan bernuansa biru membuat lanskap pantai ini begitu indah.

Kalau ingin berselancar maka Pantai Surfrider adalah tempatnya. Pantai ini sekarang lebih dikenal dengan sebutan Malibu Lagoon State yang menyuguhkan tiga jenis gelombang, yakni ombak tinggi, ombak kuat, dan ombak panjang.

3. Sewa mobil

Disarankan untuk menyewa mobil saat berwisata ke LA. Sebab, untuk menjelajahi pantai-pantai yang indah dan panjang, akan lebih hemat waktu dan tenaga jika menggunakan mobil. Harga sewa mobil di LA sekitar Rp 400 ribu–Rp 600 ribu per hari untuk jenis mobil low MPV.

Baca juga : Menikmati Keindahan dan Ketenangan Vienna

4. Kunjungi Anaheim

Dari LA, kita bisa mengunjungi Anaheim, California, dengan menempuh perjalanan darat. Tak terlalu jauh, kira-kira hanya butuh waktu 45 menit. Bila datang ke sini untuk berlibur dan membawa cukup uang, bisa mengunjungi Disneyland Resort.

Namun, sebenarnya banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi dengan sangu yang lebih hemat. Misalnya, jalan-jalan di pasar murah atau taman kota. Di kota ini, kita akan merasakan atmosfer Meksiko yang lebih kental, sebab komunitas terbesar yang tinggal di sini berasal dari Meksiko.

5. Pasar murah dan taman Anaheim

Pasar murah diadakan setiap akhir pekan, Sabtu-Minggu di parkiran junior college. Harganya barang yang dijual di sini tentu jauh lebih murah dibanding di toko. Ada kasur, lemari, sofa, atau perabotan rumah tangga lainnya. Yang paling banyak adalah pakaian dan sepatu. Ada juga komestik serta makanan dan minuman Meksiko.

Pengunjung yang datang ke pasar murah kebanyakan adalah warga lokal. Meski ada juga turis asing. Mereka senang belanja di sini karena tak perlu membayar pajak untuk setiap barang yang dibeli.

Di Anaheim juga banyak terdapat taman. Ini menarik untuk mengisi waktu luang bersama keluarga secara murah. Ada taman kecil yang hanya menyediakan playground untuk anak-anak. Namun, juga ada taman yang sangat luas dengan telaga yang indah, termasuk tempat untuk menggelar acara barbekyu.

6. Taco

Kuliner khas di Anaheim adalah taco. Kudapan ini berasal dari Meksiko. Ini berupa roti tipis yang dibuat dari tepung terigu atau jagung. Di atasnya diberi topping rajangan kol mentah dan irisan daging sapi atau ayam. Lalu dilumuri sambal yang sangat menyengat dan perasan lemon atau jeruk nipis. Satu taco harganya sekitar 2 dollar AS. Saat menyantapnya, akan lebih nikmat jika ditemani secangkir mung bean milk tea alias sari kacang hijau yang dicampur dengan teh susu.

Oke, jadi kapan mau jalan-jalan ke Negeri Paman Sam?

Foto: Iklan Kompas/Tyas Ing Kalbu

Tyas Ing Kalbu
penulis yang disayang Tuhan