Dubai tak sekadar kota untuk transit dalam penerbangan menuju Arab, Eropa, Afrika, atau Amerika. Lebih dari itu, Dubai ibarat permata yang berkilau di tengah padang pasir.

Dubai yang merupakan salah satu kota di Uni Emirat Arab secara progresif telah menjadi metropolitan nan futuristis. Dari sektor wisata, banyak destinasi berkelas dunia yang disuguhkan Dubai.

Meski dikelilingi gurun pasir, industri pariwisata Dubai telah berkembang dengan sangat maju. Sektor ini mampu menjadi salah satu pilar penopang ekonomi Dubai. Berkunjung ke Dubai untuk berlibur atau berbisnis, akan memberikan pengalaman yang mengesankan. Apalagi, untuk mencapai Dubai dari Jakarta terbilang mudah sebab tersedia penerbangan langsung baik pagi maupun malam hari dengan waktu tempuh sekitar 8 jam.

Jika segala urusan bisnis telah usai dikerjakan, saatnya menikmati keelokan Dubai. Berikut ini destinasi atau aktivitas yang oke untuk dicoba.

Burj Al Arab

Bangunan-bangunan jangkung di Dubai, selain mendukung akomodasi pariwisata, juga telah menjadi mercusuar ilmu arsitektur dunia. Sebut saja Burj Al Arab yang merupakan hotel mewah di Dubai dengan langgam arsitektur futuristik dan berdiri di atas pulau buatan. Tinggi hotel yang mencapai 321 meter, membuatnya masuk jajaran hotel tertinggi di dunia. Burj Al Arab yang terdiri atas 66 lantai ini menjadi salah satu simbol pariwisata Dubai.

Dubai Mall

Para penggemar belanja juga akan dimanjakan selama berkunjung ke Dubai. Di sana terdapat Dubai Mall yang penjadi pusat belanja terluas di Dubai yang menyediakan gerai-gerai dari beragam merek kelas dunia. Agar lebih hemat saat berbelanja, wisatawan yang datang ke Dubai Mall bisa memanfaatkan Dubai Shopping Festival yang digelar setiap tahun dengan berbagai diskon dan promosi menarik.

Bagi yang doyan mengudap makanan manis, Dubai Mall memiliki sebuah gerai permen terbesar di dunia. Selain itu, mal ini menyajikan keindahan interior dengan sebuah akuarium raksasa. Akuarium ini menjadi rumah bagi beragam jenis hewan laut, semisal pari manta, hiu, dan ikan laut eksotis lainnya. Tak hanya itu, di Dubai Mall terdapat arena untuk bermain ice skating yang cukup luas dengan kapasitas mencapai 2 ribu orang.

Pantai Jumeirah

Foto-foto: dokumen Shutterstock.com

Dubai juga memanjakan para turis yang gemar berjemur atau bermain di pantai. Pantai Jumeirah menjadi yang sangat terkenal di Dubai sehingga selalu dipenuhi wisatawan. Pantai berpasir putih ini merentang sepanjang 7 kilometer. Uniknya, pantai ini dibagi menjadi tujuh bagian yang masing-masing memiliki tema atau keunikan tersendiri.

Warner Bros World

Dubai juga telah menghadirkan Warner Bros World seluas 14,6 hektar yang berlokasi di Yas Island. Di kawasan ini juga terdapat sejumlah taman bermain yang sudah lebih dulu beroperasi. Saat mengunjungi Warner Bros World, setidaknya ada 29 wahana yang bisa kita coba, antara lain Batman: Knight Flight yang wujudnya berupa wahana permainan agar pengunjung bisa merasakan sensasi melayang di udara seperti Batman.

Abra Water Taxi

Mengunjungi Dubai kurang lengkap jika tak mencoba Abra Water Taxi untuk melihat keindahan kota Dubai. Selain itu, wajib merasakan desert safari tour untuk berkeliling gurun pasir menggunakan jip khusus, termasuk mencoba camel ride dan sand boarding. [*]

Tyas Ing Kalbu
penulis yang disayang Tuhan

Leave a Response