Pada 2017, berdasarkan poling wisata yang dilakukan situs informasi dan panduan wisata Rough Guide, Skotlandia terpilih menjadi Negara Terindah Dunia. Hal ini bukan tanpa alasan karena negara yang mencakup sepertiga bagian utara Pulau Britania ini dianggap oleh banyak traveller memiliki pemandangan alam yang begitu spektakuler.

Edinburgh dan Glasgow menjadi dua kota yang sering direkomendasikan bagi Anda yang ingin berwisata di negeri ini. Apa saja yang dapat dinikmati di dua kota ini? Mari disimak.

Edinburgh

Edinburgh merupakan ibu kota Skotlandia dan kota terbesar ke-2 di negara ini setelah Glasgow. Secara geografis Edinburgh terletak di bagian Lothian, muara Sungai Forth (Firth of Forth), merupakan wilayah pantai timur Skotlandia.

Ketika sampai di Edinburgh, langkahkan kaki menuju Kastel Edinburgh. Kastel ini merupakan kompleks benteng kerajaan yang berlokasi di wilayah Castle Rock, area Old Town, Edinburgh. Kastel Edinburgh berdiri megah di atas bukit Castle Rock yang memiliki ketinggian 130 meter di atas permukaan laut. Kastel ini diketahui mulai dibangun pada abad ke-12 oleh Raja David I.

Selain itu, The Royal Mile yang menjadi akses jalanan menuju Kastel Edinburgh juga begitu spesial. Jalanan tertua di kota ini selalu dipenuhi turis tiap harinya. Anda dapat menemukan berbagai macam atraksi di jalanan ini, mulai dari seniman musik yang memainkan bagpipe (alat musk tradisional Skotlandia), berbagai macam toko suvenir, dan gelaran festival ternama di kota, yaitu Fringe Festival.

Foto-foto: Jan Kranendonk/Shutterstock.com

Nama Royal Mile, pertama kali digunakan oleh WM Gilbert di 1901 untuk bukunya yang berjudul Edinburgh in the Nineteenth Century, yang kemudian nama tersebut dipopulerkan untuk judul sebuah buku panduan yang diterbitkan pada 1920. Panjang Royal Mile diperkirakan 1,81 kilometer.

Kota ini pun dilengkapi dengan pusat perbelanjaan bertaraf internasional, yaitu Princess Street dan Livingston Outlet. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai macam fashion brand dunia. Princes Street adalah salah satu jalan utama di pusat Edinburgh dan tempat perbelanjaan utama.

Princess Street adalah jalan paling selatan Edinburgh New Town, terletak sekitar 1,6 kilometer dari Lothian Road. Di sini terdapat Jenners, sebuah department store yang unik yang telah menjadi landmark kota sejak pertama kali dibuka pada 1838.

Glasgow

Perjalanan menuju Glasgow jangan lewatkan kunjungan ke Lock Ness yang melegenda. Tepatnya menuju Kastel Urquhart yang berdiri pada abad ke-13 dan merupakan salah satu kastel terbesar di Skotlandia pada masanya. Kastel Urquhart terletak di tepi Loch Ness, Tanah Tinggi Skotlandia. Kondisi kastel ini sudah berupa reruntuhan, tetapi masih terjaga dengan cukup baik.

Glasgow merupakan kota dengan populasi terbesar di Skotlandia dengan jumlah penduduk sebanyak 621.000 jiwa. Selain dikenal sebagai kota industri dan galangan kapal, Glasgow menjadi tujuan favorit pelancong. Di Glasgow terdapat kampus tertua nomor empat di seantero Inggris Raya yang didirikan pada 1451, yakni University of Glasgow.

Pada 2008, Glasgow terpilih oleh UNESCO sebagai “City of Music” karena banyak inspirasi musik musisi dunia datang dari sini dan berbagai festival musik digelar di kota ini. Landmark utama kota ini di antaranya adalah Provand’s Lordship, Riverside Museum, dan Mitchell Library.

Keseruan wisata di Skotlandia ini dapat dikunjungi dengan nyaman dan aman bersama ATS Vacations.

Leave a Response