Dengan ibu kota Ankara, Turki menjadi negara yang memiliki perpaduan antara Barat dan Timur. Turki menawarkan beragam impresi yang membuat setiap turis seolah ikut menjelajahi setiap legenda.

Perjalanan di Turki dapat dimulai dengan mengunjungi Troy (Ancient Troy) yang terkenal dengan Perang Trojan dan Patung Kuda Trojan. Ini merupakan tempat asal kisah tentang tokoh legendaris, seperti Agamemmon, Achilles, dan Ulysees.

Perjalanan bisa diteruskan menuju Kusadasi untuk mengunjungi House of Virgin Mary serta Ruins of Efesus Site. Setelah itu, kita bisa singgah di Pamukkale untuk mengunjungi Ancient City of Hierapolis dan The White Travertines, yaitu air terjun kalsium putih yang beku atau disebut White Cotton Castle. Dalam bahasa Turki, Pamukkale artinya Benteng Kapas.

Mumpung masih di Turki, pada hari berikutnya, kita bisa bergeser ke Cappadocia melalui Kota Konya untuk melihat Saint Paul Church dan Sulthanhani Caravanserai. Jangan sampai ketinggalan untuk menatap keindahan Kota Cappadocia saat matahari terbit dengan menggunakan hot air ballon. Ini pengalaman yang amat menyenangkan.

Setelah itu, tak akan lengkap jika pergi ke Turki tanpa mengunjungi Istanbul. Di kota ini, kita bisa masuk ke Grand Bazaar yang merupakan pasar dengan lebih dari 4.000 toko. Kunjungi juga Blue Mosque yang merupakan masjid simbol Kota Istanbul.

Literasi sejarah kita akan bertambah kaya dengan mengunjungi Roman Hippodromme Constantinompel yang merupakan tempat pertandingan atau pacuan kuda zaman dulu. Tak lupa melihat kemegahan Hagia Sophia (Saint Sophia Museum) dan mengunjungi Topkapi Palace yang merupakan istana Kesultanan Ottoman.

Dubai

Dari Turki, kita bisa segera terbang ke Dubai. Ibarat permata yang berkilau di tengah padang pasir, Dubai merupakan salah satu kota di Uni Emirat Arab secara progresif telah menjadi metropolitan nan futuristis. Dari sektor wisata, banyak destinasi berkelas dunia yang disuguhkan Dubai.

Bangunan-bangunan jangkung di Dubai, selain mendukung akomodasi pariwisata, telah menjadi mercusuar ilmu arsitektur dunia. Sebut saja Burj Al Arab yang merupakan hotel mewah di Dubai dengan langgam arsitektur futuristik dan berdiri di atas pulau buatan. Tinggi hotel yang mencapai 321 meter, membuatnya masuk jajaran hotel tertinggi di dunia. Burj Al Arab yang terdiri atas 66 lantai ini menjadi salah satu simbol pariwisata Dubai.

Para penggemar belanja juga akan dimanjakan selama berkunjung ke Dubai. Di sana terdapat Dubai Mall yang penjadi pusat belanja terluas di Dubai yang menyediakan gerai-gerai dari beragam merek kelas dunia. Agar lebih hemat saat berbelanja, wisatawan yang datang ke Dubai Mall bisa memanfaatkan Dubai Shopping Festival yang digelar setiap tahun dengan berbagai diskon dan promosi menarik.

Dubai juga telah menghadirkan Warner Bros World seluas 14,6 hektar yang berlokasi di Yas Island. Di kawasan ini juga terdapat sejumlah taman bermain yang sudah lebih dulu beroperasi. Saat mengunjungi Warner Bros World, setidaknya ada 29 wahana yang bisa kita coba, antara lain Batman: Knight Flight yang wujudnya berupa wahana permainan agar pengunjung bisa merasakan sensasi melayang di udara seperti Batman.

Mengunjungi Dubai kurang lengkap jika tak mencoba Abra Water Taxi untuk melihat keindahan kota Dubai. Selain itu, wajib merasakan desert safari tour untuk berkeliling gurun pasir menggunakan jip khusus, termasuk mencoba camel ride dan sand boarding.

Bersama Golden Rama Tours & Travel memungkinkan Anda memiliki pengalaman wisata dengan mengunjungi destinasi-destinasi pilihan lainnya secara aman dan nyaman. [*]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 16 Mei 2019.

Leave a Response