Permadani hijau alami menyergap ruang mata. Langit biru cerah seolah menjadi tenda raksasa. Keduanya berjumpa di segaris cakrawala. Memesona. Inilah pemandangan Selandia Baru.

Kalau sedang berencana pelesiran ke Negeri Kiwi itu, berikut tempat-tempat yang mestinya kamu datangi. Dirangkum Travel.kompas.id dari sejumlah sumber.

Baca juga: Musim Dingin yang Hangat di Gletser Fox Selandia Baru

Hobbiton

Matamata adalah kawasan yang mendadak populer berkat film trilogi besutan sutradara Peter Jackson, The Lord of The Ring. Ya, di sinilah letak desa asal hobbit Frodo dan Bilbo Baggins, yakni Hobbiton.

Selain terkenal karena menjadi lokasi syuting The Lord of The Rings, Hobbiton memang memiliki pemandangan yang oke. Perbukitan dengan hamparan rumput yang sungguh indah. Datanglah ke sini pada musim panas atau sekitar akhir dan pertengahan tahun agar kamu mendapatkan langit biru cerah.

Te Puia

Destinasi istimewa berikutnya adalah Rotorua. Tempat ini sebenarnya merupakan kawasan geotermal di pulau utara. Salah satu atraksi yang menarik di sini adalah Pohutu Geyser. Di Te Puia, kamu bisa menyaksikan semburan sumber air panas dengan ketinggian hingga 30 meter.

Masih di Te Puia, terdapat New Zealand Maori Arts and Crafts Institute. Inilah lokasi jika kamu ingin mencari informasi mengenai Suku Maori, suku asli Selandia Baru. Sejumlah pengukir dan petenun Suku Maori dengan senang hati akan membagikan informasi mengenai kekayaan seni tradisinya kepada pengunjung yang datang.

Rainbow Spring

Mampirlah juga di Rainbow Spring. Lokasi ini menjadi salah satu pusat konservasi spesies asli Selandia Baru yang hampir punah. Misalnya, burung kiwi dan tuatara—kadal unik asli Selandia Baru.

Rainbow Spring juga cukup atraktif. Lokasi konservasi ini dibuat semirip mungkin dengan habitat satwa endemik Selandia Baru. Jadi, tidak perlu terkejut ketika Anda menemukan banyak semak belukar di Rainbow Spring.

Baca juga: Rute Road Trip Terpopuler di Australia dan Selandia Baru

Agrodome Sheep Show

Bila kamu ingin tahu asal-muasal benang wol, saksikan Agrodome Sheep Show. Benang wol salah satunya dihasilkan dari bulu domba. Namun, cara mengambil bulu domba ini tidak asal cukur. Nah, Agrodome Sheep Show ini akan menunjukkan cara pemotongan bulu domba yang benar.

Dark Sky Reserve

Aktivitas yang tak kalah seru saat di Selandia Baru adalah mengamati bintang. Karena tingkat polusi di Selandia Baru rendah, kamu bisa menikmati bintang di langit yang indah. Bahkan, negara ini memiliki suaka seluas 4.300 kilometer persegi bernama International Dark Sky Reserve. Suaka ini dijuluki sebagai salah satu tempat terbaik di dunia untuk menikmati bintang.

Kapiti Island

Di Wellington, kamu bisa mengunjungi Kapiti Island. Saat musim gugur (Maret–Mei ), kawasan ini  akan berubah menjadi sarang burung-burung yang cantik. Di sini, kamu juga bisa bisa menyaksikan burung kiwi di habitat aslinya. Bahkan, jika beruntung, kamu berkesempatan menyaksikan lumba-lumba di pelabuhan Wellington.

Hamilton Gardens

Nah, kalau ingin melihat keindahan deretan pohon-pohon maple yang bernuansa keemasan saat musim gugur, kamu bisa datang ke Hamilton Gardens. Di sini ada tempat bernama Japanese Contemplation Garden yang memukau. Ada juga Tutor Garden yang merefleksikan aristokrasi Inggris abad ke-16. [*]

Foto: Shutterstock.com

Tyas Ing Kalbu
penulis yang disayang Tuhan