Mancanegara

Jalan-jalan di Rotorua, Kota Geyser dan Rumah Suku Maori Selandia Baru

Rotorua adalah salah satu destinasi wisata populer di Selandia Baru. Kota ini terletak di tepi selatan Danau Rotorua di Pulau Utara. Rotorua adalah sentral budaya bagi masyarakat Maori asli. Kota ini juga menjadi pusat budaya Te Puia di lembah Whakarewarewa yang terkenal akan banyaknya geyser dan kolam lumpur panas. Tak mengherankan, sebab Rotorua terletak tepat »

Te Whakarewarewa Thermal Reserve Rotorua (FOTO-FOTO KLASIKA KOMPAS/TYAS ING KALBU )

Rotorua adalah salah satu destinasi wisata populer di Selandia Baru. Kota ini terletak di tepi selatan Danau Rotorua di Pulau Utara.

Rotorua adalah sentral budaya bagi masyarakat Maori asli. Kota ini juga menjadi pusat budaya Te Puia di lembah Whakarewarewa yang terkenal akan banyaknya geyser dan kolam lumpur panas. Tak mengherankan, sebab Rotorua terletak tepat di Cincin Api Pasifik sehingga aktivitas vulkanik menjadi bagian sehari-hari kota ini.

Di kota ini, tinggal keturunan masyarakat Te Arawa yang sejak lebih dari 600 tahun lalu telah bermukim di tepi danau geotermal. Oleh karena itu, Rotorua memiliki kekhasan berupa rumah-rumah kesenian Suku Maori.

Geyser Pohutu yang meletus berkali-kali setiap hari menjadi salah satu ikon alam Rotorua. Boleh dibilang, Rotorua memiliki segalanya bagi kamu yang gemar beraktivitas di luar ruangan. Dari hutan yang beratmosfer magis, jalur sepeda yang mengasyikkan, kolam lumpur panas, hingga aliran sungai yang sangat jernih. Itulah sebabnya, Rotorua pernah mendapat “Penghargaan Kota Terindah di New Zealand” pada 2002 dan 2006.

Museum Rotorua

Kamu juga akan berkenalan dengan semangat keramahan Rotorua yang dikenal sebagai manaakitanga. Wujud nyatanya bisa kamu temukan di Mita Village, Tamaki Village, atau Te Puia. Di sini, kamu bisa melihat keindahan pertunjukan budaya seperti haka atau tarian perang. Tak ketinggalan, kamu juga bisa mencicipi hidangan khas Suku Maori.

Nah, kalau ingin beraktivitas di dalam ruangan, kamu bisa mengunjungi Museum Rotorua. Bangunan bersejarah ini berdiri pada 1908. Letaknya di tengah-tengah Governmet Garden, Oruawhata Drive, di tepi Danau Rotorua.

Di museum ini, selain bisa menikmati langgam arsitektur Tudor Old Bath, kamu juga bisa bersantai di sekitar taman dan danau. Adapun benda-benda bersejarah yang disimpan di sini, antara lain peninggalan Suku Maori, lukisan, dan perkakas dari masa sebelum pendudukan bangsa Eropa.

Kelak, kalau pandemi ini telah teratasi, kita bisa jalan-jalan lagi ke Rotorua dan destinasi cantik lainnya di Selandia Baru. Ingat, selalu patuhi protokol kesehatan agar petualangan kita selalu menyenangkan.

Tertarik Mengikuti Perkembangan Mancanegara Terkini?

Dengan mengklik “Ikuti Sekarang”, Anda telah menyetujui untuk memberikan alamat email pribadi dan mendapatkan email dari Kompaspedia setiap minggunya.

close