Mancanegara

5 Negara Teraman untuk Dikunjungi pada 2021

Dipengaruhi situasi dunia yang berubah akibat pandemi Covid-19, banyak hal soal berwisata juga berubah. Ada prosedur baru atau protokol kesehatan yang mesti dijalankan dengan ketat. Begitu pula, kesigapan masing-masing negara untuk menangani pandemi ini menjadi salah satu tolok ukur penting soal seberapa aman negara tersebut dikunjungi wisatawan. Apabila ingin berwisata ke luar negeri, wisatawan juga »

dok shutterstock

dok shutterstock

Dipengaruhi situasi dunia yang berubah akibat pandemi Covid-19, banyak hal soal berwisata juga berubah. Ada prosedur baru atau protokol kesehatan yang mesti dijalankan dengan ketat. Begitu pula, kesigapan masing-masing negara untuk menangani pandemi ini menjadi salah satu tolok ukur penting soal seberapa aman negara tersebut dikunjungi wisatawan.

Apabila ingin berwisata ke luar negeri, wisatawan juga mesti menimbang-nimbang keamanan negara tujuan. Perusahaan asuransi perjalanan Berkshire Hathaway Travel Protection telah melakukan survei selama tiga tahun belakangan dan memperbarui lagi indikator-indikatornya pada 2020 karena pandemi Covid-19.

Riset ini pun menyimpulkan 10 negara yang dianggap paling aman untuk dikunjungi pada 2021. Berikut ini, beberapa di antaranya.

1. Kanada

Kanada punya reputasi baik dalam menangani pandemi. Di antara para responden survei, negara ini juga dinilai sebagai destinasi paling aman untuk berwisata. Di Kanada, Vancouver dan Montreal adalah dua kota yang paling sering dituju para pelancong.

Jika kamu menyukai taman nasional, kunjungi juga Jasper dan Banff. Taman Nasional Jasper yang berlanskap pegunungan memiliki gletser, mata air, danau, dan air terjun. Sementara itu, di Banff, kamu bisa mendapati pucuk-pucuk gunung yang berbatu, desa dengan topografi alam liar, serta terjaganya kehidupan satwa.

2. Selandia Baru

Selandia Baru adalah salah satu negara terbaik dalam mengendalikan pandemi. Sebagai tempat wisata, kondisi alamnya memukau, dengan kehidupan perdesaan yang tenang. Ada banyak daya tarik wisata dari keelokan alamnya, dari puncak gunung berselimut salju, bentangan hutan hujan, sampai lokasi syuting The Lord of the Rings.

3. Australia

Sebagian besar responden memberi nilai tinggi untuk keamanan Australia. Kota-kotanya menawarkan tata ruang yang baik, sebut saja Sydney, Melbourne, dan Brisbane. Pilihan wisata alam, seperti hutan atau pantai juga begitu banyak, antara lain Kakadu National Park, Blue Mountains, Whitsundays Island, atau Rottnest Island.

4. Eslandia

Eslandia punya nilai tinggi dalam hal ketenangan dan respons Covid-19. Negara ini selalu menjadi magnet bagi banyak turis. Area sekitar Reykjavik masih merupakan daya tarik utamanya.

5. Swiss

Swiss memiliki skor tinggi dalam Global Peace Index. Sebagai destinasi wisata, negara ini tak perlu diragukan lagi. Pegunungan, jalur kereta api yang mengesankan, bangunan-bangunan abad pertengahan, dan cokelat akan membuat perjalanan terasa lebih manis.

Nah, itu daftar negara teraman untuk disambangi pada 2021 berdasarkan riset Berkshire Hathaway Travel Protection. Tentu saja, ke mana pun berencana pergi, karena masih di dalam masa pandemi, kamu tetap tertib menerapkan 3M, ya! Memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan cairan pembersih antikuman, dan menjaga jarak.

Tertarik Mengikuti Perkembangan Mancanegara Terkini?

Dengan mengklik “Ikuti Sekarang”, Anda telah menyetujui untuk memberikan alamat email pribadi dan mendapatkan email dari Kompaspedia setiap minggunya.

close