Lokal

Kota-kota Ini Punya Sarana Wisata Edukatif untuk Anak-anak

Belajar tak melulu harus di dalam ruangan. Anak-anak bisa juga menimba pengetahuan langsung dari alam. Cara belajar yang seperti ini tentu lebih menyenangkan bagi anak-anak. Mereka juga bisa lebih berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Namun, pada masa pandemi ini, belajar di luar ruangan perlu dilakukan dengan sangat berhati-hati dan penuh pertimbangan. Bila tidak memungkinkan, jangan dilakukan. »

foto-foto: dok shutterstock

foto-foto: dok shutterstock

Belajar tak melulu harus di dalam ruangan. Anak-anak bisa juga menimba pengetahuan langsung dari alam. Cara belajar yang seperti ini tentu lebih menyenangkan bagi anak-anak. Mereka juga bisa lebih berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

Namun, pada masa pandemi ini, belajar di luar ruangan perlu dilakukan dengan sangat berhati-hati dan penuh pertimbangan. Bila tidak memungkinkan, jangan dilakukan.

Bila anak-anak diajak ke luar rumah, pastikan mereka memakai masker secara benar. Ajari juga agar anak memahami protokol kesehatan selain memakai masker, yakni sering mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer, serta menjaga jarak atau menghindari kerumunan.

Lalu, di manakah lokasi agar anak bisa bermain sekaligus belajar? Beberapa kota di Tanah Air telah melakukan inovasi dengan menghadirkan sarana wisata yang juga sarat muatan pengetahuan.

Bila di kota kita belum tersedia taman edukatif, nanti jika wabah ini sudah bisa teratasi, ajak anak-anak berlibur ke kota-kota berikut ini. Biarkan mereka bermain, bergembira, dan secara alamiah memperkaya pengetahuannya.

 

Bandung

Ada banyak destinasi wisata di Bandung. Suasana asri dan taman yang teduh bisa kita temukan di Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani. Taman yang berlokasi di jantung kota Bandung ini lebih sering disebut Taman Lalu Lintas saja. Di sini, anak-anak bisa menemukan miniatur jalan raya, lengkap dengan rambu-rambu lalu lintas.

Beranjak menuju ke daerah Cihanjuang, terdapat Taman Kupu-kupu Cihanjuang. Sesuai namanya, di sini pengunjung bisa melihat ribuan kupu-kupu warna-warni yang terbang atau hinggap di bebungaan.

Selain kupu-kupu, terdapat area khusus untuk penetasan telur yang menjadi ulat serta kepompong. Siklus hidup dan metamorfosis kupu-kupu tergambar di taman ini dengan lengkap.

Bogor

Tidak kalah dengan Bandung, Bogor juga mempunyai sejumlah taman wisata edukatif yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya, Kampung Horta.

Jika pernah mendengar tentang boneka Horta, di Kampung Horta kita bisa menyaksikan proses pembuatan boneka unik ini. Aktivitas lain yang cukup menarik di Kampung Horta antara lain pengolahan daur ulang kertas, pembuatan telur asin, dan pengenalan tanaman obat.

Jika tertarik mengenal kehidupan para petani dan peternak, kita bisa mengajak anak-anak mengunjungi Pelita Desa dan Sentul Fresh. Di kedua lokasi ini, anak-anak bisa menyaksikan dan belajar memerah sapi, memberi makan ikan, atau mempelajari tentang cara pembuatan pupuk kompos.

Selain itu, di daerah Bogor juga terdapat sejumlah kampung atau desa wisata. Di desa wisata, anak-anak bisa mempelajari cara bercocok tanam dan menyelami kehidupan para petani.

Malang

Malang kerap disebut sebagai kota wisata di Jawa Timur. Salah satu destinasi wisata yang cukup terkenal di sini adalah Taman Safari Indonesia 2 yang berlokasi di Prigen, dekat dengan Pasuruan. Namun, apabila ingin wisata edukatif, jajaki pula Jatim Park I dan II.

Jatim Park I dan Jatim Park II berdekatan. Namun, disarankan kita mengunjungi terlebih dulu Jatim Park II, yang merupakan pengembangan dari Jatim Park I. Di sini terdapat Museum Satwa yang memamerkan berbagai fosil hewan purba dan hewan-hewan yang diawetkan. Papan informasi dan monitor interaktif akan menampilkan keterangan mengenai dunia satwa.

Jatim Park dibangun agar anak semakin mengenal dunia satwa sekaligus mencintai lingkungan hidup.

Yogyakarta

Daerah yang terkenal sebagai Kota Pendidikan dan Budaya ini mempunyai beragam destinasi yang menarik untuk dikunjungi, terutama berkaitan dengan sejarah dan budaya. Di Yogyakarta terdapat Taman Pintar yang menyediakan wahana permainan untuk anak-anak untuk rentang jenjang usia tertentu.

Taman Pintar ini lokasinya berada di pusat kota Yogya. Tidak jauh dari Keraton Yogyakarta, Monumen Serangan Umum 1 Maret, Museum Benteng Vredeburg, serta Pasar Beringharjo dan Jalan Malioboro yang legendaris.

Selain menikmati wahana wisata, kita juga bisa mengajak si kecil untuk mencicipi kuliner-kuliner khas di setiap kota. Dengan demikian, kekayaan pengetahuan dan cita rasa mereka juga bertambah. Tetap jaga kesehatan, ya. [*]

Tertarik Mengikuti Perkembangan Lokal Terkini?

Dengan mengklik “Ikuti Sekarang”, Anda telah menyetujui untuk memberikan alamat email pribadi dan mendapatkan email dari Kompaspedia setiap minggunya.

close