Tips Wisata

4 Keuntungan Berwisata Solo

Saat ini, kian banyak orang yang berwisata solo atau seorang diri. Tak hanya menantang, ternyata banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari pengalaman berwisata solo. Kamu yang pernah melancong seorang diri pasti tahu betapa antusias rasanya datang ke tempat baru, bertemu orang-orang yang sama sekali asing, atau melakukan berbagai hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Bisa »

dok shutterstock

dok shutterstock

Saat ini, kian banyak orang yang berwisata solo atau seorang diri. Tak hanya menantang, ternyata banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari pengalaman berwisata solo.

Kamu yang pernah melancong seorang diri pasti tahu betapa antusias rasanya datang ke tempat baru, bertemu orang-orang yang sama sekali asing, atau melakukan berbagai hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Bisa juga kamu mengalami masalah di perjalanan dan hanya bisa mengandalkan diri sendiri untuk menyelesaikannya. Apa pun yang kamu jumpai di perjalanan, hal itu akan menjadi pengalaman yang berharga.

Sekali mencoba berwisata solo, kemungkinan kamu akan tertarik untuk melakukannya lagi. Apabila belum terlalu berani berwisata seorang diri di tempat yang jauh dan dalam durasi yang panjang, cobalah ke tempat yang dekat dan dalam waktu singkat. Kalau kamu tinggal di Jakarta, bisa ke Bogor atau Bandung ketika akhir pekan, misalnya.

Bukan sekadar menyenangkan, wisata solo juga akan membawa beragam keuntungan untukmu. Berikut ini, beberapa di antaranya.

 

  • Dapat mengatur perjalanan sesuai keinginan

Bayangkan pergi dalam kelompok tur atau bersama teman-teman. Dalam tur berpemandu, jadwal perjalanan sudah diatur sedemikian rupa sehingga ruang untuk improvisasi destinasi jadi lebih kecil. Kerap juga, tempat-tempat yang dikunjungi sekadar obyek wisata.

Dengan teman atau orang lain, tetap diperlukan juga kompromi tentang mana saja tempat yang ingin dikunjungi atau berapa lama durasi yang mau dihabiskan di sana. Jika berwisata seorang diri, kamu bisa dengan bebasnya mengatur perjalanan sesuai dengan preferensi.

 

  • Bisa mengetahui cerita-cerita menarik dan berteman dengan orang baru

Bepergian seorang diri akan mendorong kita untuk berinteraksi dengan wisatawan lain atau warga lokal. Kesempatan ini lebih jarang ketika bepergian bersama orang lain. Dari cerita-cerita tersebut, kita bisa mengetahui lebih banyak hal, seperti kebiasaan orang lokal atau sejarah tempat itu. Siapa tahu juga, orang baru tersebut bisa menjadi temanmu.

 

  • Belajar mengandalkan diri sendiri

Berwisata seorang diri akan menghadapkan kita pada beragam situasi. Selain keseruan, kadang-kadang kita juga mengalami hal yang tak diharapkan. Penerbangan tertunda, penginapan tidak sesuai ekspektasi, terpaksa mengubah moda transportasi, mengubah jadwal rencana perjalanan yang sudah disusun, dan lain-lain. Ini mengajarkan kita pentingnya mengandalkan diri sendiri dalam situasi sulit dan membuat keputusan dengan cepat.

 

  • Lebih mudah belajar bahasa asing

Salah satu cara terbaik belajar bahasa baru adalah tinggal bersama orang-orang penutur bahasa tersebut. Terlebih, ketika kamu sendirian. Kamu jadi terpaksa belajar kalimat-kalimat untuk percakapan dasar apabila warga lokal tidak memahami bahasamu atau bahasa Inggris.

 

Tertarik Mengikuti Perkembangan Tips Wisata Terkini?

Dengan mengklik “Ikuti Sekarang”, Anda telah menyetujui untuk memberikan alamat email pribadi dan mendapatkan email dari Kompaspedia setiap minggunya.

close