Berwisata tidak melulu harus pergi ke luar kota atau luar negeri. Pergi ke atraksi wisata setempat kala akhir pekan juga dapat menjadi solusi jitu untuk recharge energi. Apa pun yang memudahkan kamu dalam berwisata, itu dia kuncinya.

Nah, biar tidak bingung mendapatkan berbagai macam informasi terkait wisata, kamu bisa mendapatkan berbagai macam informasi melalui media digital, baik itu media sosial, media daring (online), maupun situs perjalanan online. Berikut ini, tiga situs perjalanan online yang sering diakses oleh warganet Indonesia.

Traveloka.com

Melansir Cekaja.com, berdasarkan data Similarweb menempatkan Traveloka sebagai situs penyedia paling banyak dikunjungi. Similarweb merupakan salah satu platform penyedia analisis perbandingan situs web terkenal di dunia.

Per November 2018, Traveloka dikunjungi mencapai 15,75 juta visitor. Adapun total visitor yang tercatat di Similarweb untuk Traveloka mencapai 39,18 juta. Traveloka merupakan salah satu perusahaan travel populer di Asia Tenggara yang menjelma sebagai satu platform penyedia berbagai kebutuhan perjalanan.

Selain tiket pesawat dan hotel, Traveloka menawarkan tiket kereta api, paket pesawat dan hotel, transportasi bandara, bus hingga rekreasi. Saat ini, Traveloka menjadi salah satu perusahaan rintisan yang masuk kategori unicorn atau perusahaan yang bernilai di atas 1 miliar dollar AS.

Baca juga: Inspirasi Rencana Perjalanan Destinasi Wisata Kanada

Tiket.com

Tiket.com adalah brand jasa travel agent berbasis daring yang kini kepemilikannya dikuasai oleh Grup Djarum. Layanan pemesanan tiket penerbangan dan pemesanan hotel menjadi layanan yang paling kuat memberikan kontribusi tumbuhnya performa Tiket.com. Pencapaian lain dari Tiket.com adalah keberhasilannya mengembangkan sektor B2B (business to business) layanan travel online bersama lebih dari 10.000 mitra agen.

Pada November 2017, Tiket.com mengumumkan tiga fitur baru dalam aplikasinya, yakni Smart Roundtrip, Smart Traveler, dan Smart Refund. Melalui fitur-fitur tersebut, Tiket.com menargetkan mampu mencapai 10 juta unduhan pada 2018.

Pegipegi.com

Pegipegi menyediakan layanan reservasi daring untuk wisatawan di seluruh Indonesia. Layanan ini diresmikan pada 7 Mei 2012 oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Marie Elka Pangestu. Saat ini, Pegipegi terhubung langsung dengan lebih dari 7.000 pilihan hotel. Ia juga memiliki lebih dari 20.000 rute penerbangan. Selain itu, lebih dari 1.600 rute kereta api dan kereta api bandara (Railink) dapat dipesan melalui situs web dan aplikasi mobile Pegipegi.

Kesuksesan Pegipegi di Tanah Air, salah satunya ditandai dengan keberhasilan meraih dua penghargaan di kuarter pertama 2018. Penghargaan yang diraih adalah Silver Champion dalam acara Indonesia WOW Brand 2018, dan juga Netizen Online Reservation Choice dalam acara Indonesia Netizen Brand Choice Award 2018.

Dalam rangka meningkatkan customer satisfaction, salah satu hal yang dilakukan Pegipegi adalah dengan menambahkan beberapa fitur. Agar lebih user friendly, pengguna Pegipegi juga bisa melakukan registrasi member melalui social media login sehingga pengguna tidak perlu memasukkan data diri secara manual. [*]