Jalan-jalan ke Negeri Tirai Bambu ada banyak destinasi yang bisa dikunjungi. Bukan hanya Beijing, pada musim dingin, China memiliki tujuan wisata yang oke. Harbin, Dalian, Shenyang, dan Jilin menjadi beberapa kota yang patut ditilik.

 Harbin

Kota ini sangat pas dikunjungi saat Desember atau Januari. Tempat menarik yang bisa disambangi, antara lain Katedral Saint Sophia yang merupakan gereja ortodoks timur terbesar di Asia Tenggara dengan ciri khasnya kubah berwarna hijau berlanggam arsitektur Rusia. Kemudian, dapat menuju Sungai Songhua. Di sini semua air membeku dan membentuk lapisan salju tebal, sehingga para pengunjung bisa berjalan ke tengahnya.

Selanjutnya, yang paling memesona adalah Festival Es dan Salju Harbin yang diselenggarakan setiap tahun. Sejak 1985, festival ini telah tumbuh menjadi salah satu festival salju terbesar di dunia, bergabung dengan Festival Salju Sapporo di Jepang, Karnaval Musim Dingin Quebec di Kanada, dan Festival Ski Holmenkollen di Norwegia.

Festival ini diadakan di tiga lokasi utama. Pertama, Taman Pulau Matahari untuk pahatan es dan salju. Kedua, Bingxue Gong untuk replika bangunan dari balok-balok es dan salju. Ketiga, Taman Zhaolin untuk lampion es. Festival ini dimeriahkan dengan lampu berwarna-warni, musik, dan pesta kembang api.

Dalian

FOTO-FOTO: SHUTTERSTOCK.COM

Kota ini merupakan salah satu kota pelabuhan terbesar di Provinsi Liaoning. Wisatawan dapat berkunjung ke Xinghai Square. Bangunan ini adalah alun-alun kota di Dalian, terletak di sebelah utara Xinghai Bay dengan luas total 1,1 juta meter persegi dan menjadi alun-alun kota terbesar di dunia. Selanjutnya, perjalanan di kota ini dapat dinikmati di Tiger Bay Theme Park, Binhai Road, North Bridge, Zhongshan Square, dan Walking Street.

Di kota ini biasanya dari akhir November, angin utara yang dingin mulai menjadi lebih kuat dan menyapu kota sampai Februari tahun berikutnya. Januari adalah bulan terdingin, sehingga ketika berkunjung ke Dalian harus memakai mantel, sweter, sarung tangan, dan sepatu hangat.

Shenyang

Shenyang merupakan kota budaya dan sejarah yang sangat penting di China. Di kota ini, para wisatawan dapat mengunjungi Taman Beiling. Taman ini memiliki luas 3.300.000 meter persegi dan berisi banyak bangunan bersejarah, pepohonan pinus, dan danau yang indah.

Selain itu, kunjungi Shenyang Gu Gong yang merupakan istana terbesar di tenggara Tiongkok. Kemudian, jangan lewatkan berbelanja di Jalan Qing Dynasty yang merupakan kawasan kota tua yang menarik dan ramai.

Jilin

Jilin merupakan sebuah provinsi di China dengan ibu kota bernama Changchun. Di sini, wisatawan dapat mengunjungi atraksi menarik musim dingin Famous Ice Rimmed Trees di sepanjang Songhua River. Fenomena alam yang terjadi ketika air hangat dari sungai memenuhi udara musim dingin, membentuk kristal es di pohon-pohon willow. Pohon willow yang tertutup es menciptakan pemandangan menakjubkan.

Setelah itu, perjalanan dapat dilanjutkan ke Changchun dengan mengunjungi Imperial Palace Puppet State Of Manchugou dan Culture Square yang merupakan alun-alun kota terbesar di Changchun, dengan total luas 20,5 hektar.

Semua pengalaman unik saat musim dingin di kota ini akan terasa lebih apik jika dinikmati bersama keluarga. Jadi, rencanakan saja liburan akhir tahun nanti untuk melancong ke sana. [*]

Tyas Ing Kalbu
penulis yang disayang Tuhan