Tidak sedikit orang yang merasa lelah dan stres dengan rutinitas sehari-hari. Mereka membutuhkan liburan untuk melepas kepenatan, tapi budget yang terbatas membuat berpikir dua kali untuk berlibur. Apakah Anda salah satunya? 

Sebagian orang berpikir liburan akan menghabiskan banyak uang. Pemikiran tersebut tidak selalu benar karena di negara kita yang begitu indah ini terdapat banyak destinasi yang dapat dikunjungi dengan budget yang bersahabat, tetapi tetap menyenangkan. 

Di bawah ini, beberapa destinasi wisata domestik yang tidak membutuhkan budget banyak untuk dikunjungi dan tetap menawarkan pesona memukau. 

Yogyakarta

Kota yang terkenal dengan wisata sejarahnya ini menyimpan banyak pesona indahnya sendiri. Anda dapat mengunjungi tempat-tempat bersejarah, seperti Keraton Yogya, Taman Sari, dan Candi Prambanan. 

Selain wisata bersejarah, Anda dapat melakukan wisata belanja dengan harga yang miring di Jalan Malioboro. Anda juga tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk melakukan wisata kuliner karena harga makanan di Yogyakarta terhitung ramah di kantong.  

Pulau Tidung

Kepulauan Seribu memiliki banyak pulau kecil nan indah yang dapat Anda kunjungi, salah satunya Pulau Tidung. Untuk pergi ke pulau ini Anda dapat naik perahu dari pelabuhan Ancol dengan menempuh perjalanan selama 1 jam. 

Pulau Tidung merupakan salah satu destinasi terpopuler yang bisa Anda pilih jika tidak memiliki waktu dan budget yang banyak untuk berlibur. Anda dapat merasakan indahnya pantai dan terlepas dari penatnya suasana perkotaan. 

Banyuwangi

Banyuwangi memiliki segudang keindahan yang belum diketahui banyak orang. Hebatnya, Banyuwangi telah mendapatkan penghargaan United Nations World Tourism Organization (UNWTO) yang diselenggarakan PBB. Banyuwangi menyimpan obyek wisata indah, seperti Waduk Bajulmati, Gunung Raung, Gunung Ijen, dan Pantai Plengkung yang bisa membuat Anda terpukau. 

Tidak perlu merogoh kocek yang dalam karena Anda dapat pergi ke Banyuwangi melalui jalur darat dengan menggunakan mobil. Ditambah lagi, harga makanan yang ditawarkan juga tidaklah mahal. Jadi, Anda tak perlu khawatir, meskipun harga yang dibayarkan untuk liburan ke Banyuwangi tergolong hemat, pesona alam yang ditawarkan tidak kalah indahnya dengan tempat wisata di mancanegara.

Pulau Karimunjawa

Terletak tidak jauh dari Jepara, Anda dapat naik kapal laut selama beberapa jam untuk menikmati pemandangan laut biru dan pantai pasir putih yang masih asri dan indah. 

Selain bermain di pantai, Anda juga bisa melakukan snorkeling untuk melihat ikan di karang dasar laut. Bagi pencinta pantai, Anda cukup menyiapkan budget kurang dari Rp 1 juta untuk berlibur ke Pulau Karimunjawa.

Ujung Kulon, Banten

Destinasi yang dekat dari ibu kota lainnya adalah Ujung Kulon yang dapat ditempuh menggunakan mobil kurang lebih 2–3 jam dari Jakarta. Di sana, Anda akan menemukan keindahan pantai yang tidak kalah dengan destinasi lainnya.

Selain pantai, Anda dapat mengunjungi Taman Nasional Ujung Kulon di Banten. Taman nasional ini berisikan hutan lindung seluas 443 kilometer persegi dan konservasi hewan langka khas Indonesia, yaitu badak bercula satu.

Gunung Bromo

Bagi Anda yang menyukai wisata dengan tantangan yang lebih seru, Gunung Bromo dapat menjadi pilihan yang tepat. Anda dapat menikmati pemandangan yang indah serta melihat pesona matahari terbit dan terbenam dengan udara yang sejuk.

Anda juga dapat merasakan pengalaman mendaki yang tidak terlalu sulit karena sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas sehingga wisata Gunung Bromo dapat menjadi pilihan yang cocok untuk pendaki pemula.

Semua destinasi lokal tadi dapat Anda nikmati dengan budget di bawah Rp 2 juta. Budget tersebut sudah termasuk transportasi, makan, dan biaya masuk tempat wisata, lho. Segera ajak teman dan keluarga Anda berlibur dan menjelajahi destinasi lokal tanpa takut budget membengkak.

Leave a Response