Kepadatan kota yang dipenuhi dengan gedung yang menjulang disertai riuhnya transportasi yang tak henti-henti bisa menjadi masalah tersendiri. Kemacetan dan polusi udara di kota besar seperti Jakarta pun dapat memberikan perasaan yang tidak nyaman dan pada jangka waktu yang cukup lama dapat menimbulkan kepenatan. 

Untuk itu, tubuh dan pikiran Anda akan perlu disegarkan kembali. Salah satu kegiatan yang paling efektif untuk mengatasi kepenatan adalah berlibur. 

Untungnya bagi kita warga Indonesia, negara kita ini memiliki begitu banyak destinasi wisata mulai ribuan pulau hingga pegunungan dengan keindahan menawan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, berpaling sejenak dari kepadatan perkotaan dan berwisata ke lima destinasi menawan di Indonesia ini sangatlah memungkinkan, ditambah lagi Anda tidak perlu merogoh kocek besar. 

Liburan ekonomis di Anyer yang memesona

Destinasi pertama yang bisa Anda kunjungi adalah Anyer. Saat Anda mengunjungi daerah ini, Anda akan langsung disambut dengan keindahan berbagai pantai, seperti Pantai Bulakan, Karang-Bolong, dan Pantai Carita di sepanjang Anyer. Kepenatan yang ada di pikiran akan hilang setelah melihat birunya warna air laut yang terpampang luas dan suara ombak yang menenangkan jiwa dan raga. Untuk biaya, Anda tidak perlu khawatir karena bisa menikmati indahnya Anyer tanpa mengeluarkan biaya yang banyak. 

Temukan Kedamaian di Ranu Kumbulo

Di destinasi yang satu ini, Anda perlu menyediakan sepatu mendaki karena Anda akan menelusuri gunung. Tak perlu khawatir, semua tenaga yang Anda keluarkan akan terbayar dengan keindahan alam pegunungan yang masih sejuk dan hijau ini. Ranu Kumbolo menawarkan keindahan alam berupa pemandangan yang rindang, langit yang biru dan udara yang segar yang tentunya dapat memikat mata dan memberikan kedamaian bagi jiwa. 

Setelah mendaki gunung yang berada di daerah Malang, Jawa Timur, ini, semua rasa lelah akan terbayarkan. Anda akan dibuat terpukau dengan keindahan langit bertabur cahaya bintang yang menerangi malam. 

Lakukan Aktivitas Air di Pulau Karimun Jawa

Ingin berlibur hanya dengan modal terjangkau, tetapi tetap puas? Tentu saja bisa. Anda bisa berlibur tanpa perlu mengeluarkan modal yang besar di Pulau Karimunjawa. Terletak sejauh 83 kilometer utara Jepara, Jawa Tengah, Anda perlu menyeberang membelah lautan selama kurang lebih 6 jam perjalanan untuk menikmati keindahan alam Pulau Karimunjawa ini.

Keindahan alam bawah laut yang dimiliki pulau ini tak perlu lagi diragukan, yang keindahannya akan menahanmu untuk kembali ke kota! Selain menikmati indahnya hamparan laut yang luas, Anda bisa melakukan beragam aktivitas air seperti snorkeling dan diving, disertai kegiatan-kegiatan di pantai yang bersih dan indah.

Keindahan Alam Bawah Laut Ujung Kulon

Kalau berkunjung ke destinasi satu ini, Anda tidak perlu pergi ke Raja Ampat untuk menikmati keindahan alam bawah laut dengan budget yang murah. Karena menengok keragaman biota laut di dalam perut Pulau Badul sudah menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan saat berada di Ujung Kulon. Di sana, Anda juga bisa menikmati birunya air laut, putihnya pasir, dan gulungan ombak yang anggun di Pulau Panaitan.

Keramahan Suku Baduy Di Banten

Di daerah Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten, terdapat Suku Baduy yang melegenda. Masyarakat Suku Baduy menutup diri dari arus globalisasi yang terjadi. Namun, jangan khawatir, karena mereka akan menyambut setiap pendatang dengan keramahan yang luar biasa. Mengunjungi Suku Baduy dapat membuka pemikiran baru, terkhusus bagi mereka yang telah menghabiskan banyak waktu di daerah perkotaan.

Sebagai informasi, Suku Baduy terbagi menjadi dua kelompok, yakni Suku Baduy Dalam dan Baduy Luar. Penduduk Suku Baduy Luar sudah mulai terbuka, menerima dan menerapkan pengaruh dari luar, seperti menggunakan alat elektronik dan ponsel sebagai alat komunikasi. Berbeda dengan suku Baduy dalam yang benar-benar menutup diri mereka dari pengaruh modernisasi. 

Hal ini mereka lakukan sebagai bukti kepercayaan bahwa keseimbangan antara alam dan manusia hanya dapat terjadi jika manusia menjaga alam dengan sepenuh hati. 

Dari berbagai destinasi yang disebutkan di atas, Anda bisa menemukan ketenangan bagi pikiran dan menikmati kehidupan yang jauh dari riuhnya perkotaan. Berbagai destinasi tersebut patut Anda pertimbangkan jika ingin lari sementara dari sibuknya perkotaan yang memenatkan pikiran.